SDN.09 Rangkang Kabupaten Bengkayang Melakukan Study Pembelajaran Ke SDN.9 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

POSTKOTAPONTIANAK.COM

KUBU RAYA : Kepala Sekolah SDN .9 Sungai Raya Listiyanti ,S.Pd,Sd,MM, mengatakan dengan adanya kunjungan dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang, dirinya beserta seluruh dewan guru yang ada di SDN .9 Sungai Raya mengucapkan terima kasih yang sedalam- dalamnya dan dirinya sangat menyambut baik atas kunjungan tersebut, demikian ucapnya kepada Wartawan media ini, Sabtu (17/01/2022).

Dikatakanya atas kunjungan tersebut itu merupakan, salah satu bentuk kehormatan bagi kami yang ada di SDN 9 Sungai Raya ini.

Karena semua juga itu,merupakan suatu motivator untuk SDN .9 Sungai Raya terhadap adanya kunjungan dari rekan- rekan dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang,tuturnya.

Tentu bagi kami sangat bermanfaat sekali baik untuk kami di SDN, 9 Sungai Raya maupun bagi SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang.

Dalam kunjungan yang dilakukan SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang bersama rombongan ke SDN .9 Sungai Raya tersebut.
walaupun sudah menyita waktu yang sangat panjang sekali, namun kunjungan tersebut sampai juga di SDN 9 Sungai Raya.

Lebih lanjut dikatakanya dengan adanya kunjungan dari SDN 09 Rangkang tersebut bahwa itu menunjukan kami sering membuka diri baik secara langsung maupun tidak langsung .

Karena secara tidak langsung kami terus melaksanakan perbaikan sehingga kita selalu melakukan pembenahan di SDN 9 Sungai Rayaaya ini, jelasnya.

Oleh karena kita selalu ada keterbatasan daya dan upaya kita mauipun tenaga dan fikiran kami tetapi kami bisa melaksanakan perbaikan sesuai dengan harapan kita, jelasnya.

Yang tidak kalah menariknya adalah adanya kekompakan kami di SDN 9 Sungai Raya ini oleh karena adanya kekompakan tersebut sehingga tercetuslah hasil yang baik.

Dalam hal ini atas dukungan para guru dan paguyuban orang tua murid sehingga SDN 9 Sungai Raya jauh lebih baik dari sebelumnya.

Dan sekarang kita tinggal menikmati hasil kerja keras kita semua yang jelas secara terang benderang sudah nenunjukan hasil dan inilah ciri khasnya SDN 9 Sungai Raya.

Lebih lanjut dikatakannya untuk kunjungan yang dilakukan SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang tersebut itu sangat berarti sekali bagi kami karena ini merupakan terobosan yang sangat baik bagi kami.

Oleh karena kami sudah mendapatkan kunjungan dari SDN,09 Rangkang Kabupaten Bengkayang berarti kami semakin getol dan penuh semangat .

Dan kami selalu memperbaiki apa yang menjadi kekurangan kami tentu kami akan terbuka.

Tentu Bagi siapapun yang melakukan kunjugan ke SDN 9 Sungai Raya tentu minset sekolahan kami akan terus berubah yang mengarah ke jalur positif dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami dan mau tidak mau akhirnya menjadi sesuatu kebiasaan kami yang artinya, walaupun sekolah kami ini tidak ada kunjungan dari sekolah lain tetapi kami tetap berupaya secara terus menerus melakukan terobosan demi konsesten apa yang telah kami lakukan, ungkap dia.

Dalam hal ini siapa saja yang melakukan kunjungan ke SDN 9 Sungai Raya tentu kami selalu terbuka dan kami sangat menyambut baik tidak ada yang ditutup tutupi dan kami juga, merasakan bahwa esestensi Kubu Raya,tersebut semakin terlihat nyata.

Untuk kedepannya Agar semakin baik semakin banyak yang berkunjung semakin baik juga SDN 9 Sungai Raya.

Sehingga sekolah kita juga semakin berkualitas dan semakin Terkenal apalagi dampak dari kunjungan tersebut sudah semakin luas, tentunya akan mengarah ke dampak yang positif sekali .

Dari segi fasilitas Kemungkinan juga SDN 9 Sungai Raya ini masih ada kekuranganya.

Namun dalam hal itu masalah Ruang perpustakaan sekolah yang masih kita perjuangkan agar mendapat bantuan pembangunan tentu, kami berharap kepada instansi yang terkait agar dapat membantu untuk pembangunan Perpustakaan di SDN 9 Sungai Raya, harapnya.

Ditempat yang sama. Drs Suparman ,MM, mengatakan dirinya sebagai Korwas dan Korwil di Diknas Kubu Raya sangat menyambut baik terhadap kunjungan SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang, karena menurut saya masalah ini sangat positif sekali terhadap adanya kunjungan yang dilakukan SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang tersebut, jelas dia.

Menurut saya bahwa SDN 9 Sungai Raya tersebut memang menjadi salah satu tujuan kunjungan dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang maka dari itu kemungkinan juga SDN 9 Sungai Raya ada Nilai Lebihnya dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang sehingga sasaran kunjunganya ke SDN 9 Sungai Raya, jelasnya.

Oleh karena itu juga kalau SDN 9 Sungai Raya tersebut dianggap, kawan-kawan dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang, sekolahnya sebagai sekolah Pavorit di Sungai Raya sehingga secara otomatis, SDN 9 Sungai Raya harus Benar-benar menampilkan diri dan mempasilitasi, apa yang telah menjadi harapan rekan- rekan dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang,tuturnya.

Dikatakannya kemungkinan juga SDN 9 Sungai Raya tersebut esestensinya terkalu tinggi maka SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang ingin melihat seperti apa sistem belajar yang di SDN9 Sungai Raya.

Agar tidak mengecewakan kawan-kawan dari SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang maka SDN 9 Sungai Raya harus menampilkan tampilan yang lebih positif

Dalam hal itu Suparman menyampaikan ternyata sewaktu saya melakukan bincang – bincang dengan kepala SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang mereka mengatakan sangat puas sekali berkunjung ke SDN 9 Sungai Raya, karena mereka sudah memperoleh hasil yang Positif dari SDN 9 Sungai Raya.

Oleh karena SDN. 09 Rangkang tersebut Sekolahnya Sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi dan ketika dia berkunjung di SDN 9 Sungai Raya yang sudah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, kemungkinan juga dalam hal itu masih banyak yang harus dibenahi di SDN 09 Rangkang sehingga tercetuslah niat untuk mendapatkan berbagai pengalaman yang diperoleh SDN 9 Sungai Raya.

Dikatakan Suparman, masalah ini sebagai pembelajaran juga kepada sekolah yang ada di kecamatan Sungai Raya, kalau mau melakukan Study banding tersebut janganlah pergi ketempat tempat yang jauh diluar daerah kalau saya menyarankan lebih baiknya ke SDN 9 Sungai Raya saja yang sudah di tetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional,bebernya.

” Kita bandingkan saja, untuk sekolah dari Kabupaten lain saja bisa melakukan kunjungan di SDN 9 Sungai Raya ,kenapa dari sekolah yang ada di Sungai raya tidak bisa,” katanya.

Adapun sekolah yang dari luar Daerah melakukan kunjungan di SDN .9 Sungai Raya mereka ingin melihat sejauh mana perkembangan di SDN 9 Sungai Raya.

Sehingga jangan sampai SDN 9 Sungai Raya yang sudah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tersebut banyak dikunjungi Sekolah dari luar daerah dibanding dengan sekolah dari Wilayah Sungai Raya sendiri untuk belajar di SDN 9 Sungai Raya.

Disamping itu Kepala SDN 6 Sungai Raya yang sekaligus Cawas Di Sungai Raya,Hj,Syatira,S,Pd,MM, mengatakan dengan adanya kunjungan SDN 09 Rangkang dari Kabupaten Bengkayang tersebut tersebut,tentu sudah ada yang akan dilihatnya di SDN 9 Sungai Raya, baik terhadap kemajuan ,sekolah maupun bagai mana pentaan lingkungan sekolah

Semua itu sudah tentu akan memberikan motivasi tersendiri untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan dan kemajuan yang ada di SDN 9 Sungai Raya.

Apalagi SDN 9 ,Sungai Raya, tersebut adalah sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional dalam arti sudah memiliki keberhasilan yang tinggi sehingga SDN 09 Rangkang melakukan Study pembelajaran.

Disampjng itu, tutur Kepsek SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang Erlin ,S.Pd, menyampaikan, dirinya beserta rekan – rekan guru mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SDN.9 Sungai Raya beserta para guru yang telah, menerima kunjungan kami sehingga bisa meluangkan waktunya untuk menerima kami di SDN 9 Sungai Raya.

Sebagai motivasi kami,melakukan kunjungan di SDN .9 Sungai Raya yang pertamanya adalah kami ingin melihat penataan,lingkungan sekolahnya sudah sangat bagus,sekali dan pelestarian lingkungan juga sangat bagus,yang ada disekitar lingkungan sekolahpun sudah banyak di tumbuhi tanam-tanaman.

Sehingga banyak bermanfaatlah bagi kami kemudian limbah Kaleng pelastik bekas bisa dibuat pot Bunga Sehingga semuanya bisa dimanfaatkan.

Maka dari itu kami ingin belajar lebih jauh dengan SDN 9 Sungai Raya dan sekaligus ingin mengetahui bagai mana cara SDN 9 Sungai Raya menata lingkungan yang baik sehingga sekolah tersebut menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional,

Ternyata ketika kami lakukan kunjungan di SDN. 9 Sungai Raya, banyak manfaatnya juga yang kami dapatkan,sehingga kami sangat terkesan sekali dengan mendapat ilmu dari SDN 9 Sungai Raya.

Apalagi dengan luas area sekolah yang tidak terlalu luas tersebut jika dibandingkan dengan luas SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang SDN.9 Sungai Raya bisa menata lokasi sekolahnya dengan baik

Karena bentuk kunjungan kami juga bukan bentuknya Study banding. Namun ini merupakan,Study pembelajaran di SDN 9 Sungai Raya,dikarenakan kami hanya ingin belajar dan untuk memperdalam pengalaman dengan sekolah yang sudah banyak mendapatkan predikat,dan prestasi sehingga untuk julukan sekarang ini SDN 9 Sungsi Raya di juluki sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

Walapun sekolah kami juga dikategorikan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi, namun upaya kami tentu tetap akan meningkatkan motivasi kami untuk menuju ke tingkat Nasional, jelas Erlin.

Adapun sasaran yang utama kunjungan kami di SDN 9 Sungai Raya bahwa sekolahnya sudah banyak mendapatkan prestasi , sehingga kami ingin menggali caranya untuk memperoleh hasil yang baik

karena dari awal juga kita melakukan kunjungan di SDN 9 Sungai Raya tersebut oleh karena kita mendapatkan informasi, dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang karena SDN 9 Sungai Raya, menjadi salah satu sekolah Adiwiyata tingkat nasional maka dari itu sasaran kunjungan kami di SDN 9 Sungai Raya,jelasnya.

Adapun hasil yang telah kami peroleh pada waktu berkunjungan tentu akan kami,praktekan di SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang dan secara perlahan kami akan mengikuti jejak SDN 9 Sungai Raya,

Tentu apa yang menjadi kekurangan kami di SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang akan kami perbaiki agar SDN 09 Rangkang juga bisa menjadi sekolah yang ramah lingkungan dan termotivasi.

Untuk luas lingkungan SDN 09 Rangkang Kabupaten Bengkayang sekarang luasnya sekitar lima ribu hektar. Untuk jumlah siswa Juga di SDN 09 Rangkang sekarang berjumlah sebanyak 662 orang siswa.

Sedangkan rombelnya ada 22 rombel oleh karena itu, kita bisa memopang perkembangan pembangunan di SDN,09, Rangkang Kabupaten Bengkayang agar lebih maju dan berkembang kedepanya, pungkasnya.

Penulis :  Muly

Editor : Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.