Satuan Sabhara Polresta Pontianak Kota Gelar Latihan Dalmas

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK KALBAR : Satuan Sabhara Polresta Pontianak Kota gelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) di halaman apel Mapolresta, Rabu (02/09/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh KBO Sabhara, Iptu. Kistojo serta Kanit dan Kasubnit Dalmas dan diikuti satu pleton anggota Dalmas.

DIJUAL RUMAH : LOKASI SUNGAI RAYA DALAM KOTA MADYA PONTIANAK

Latihan pengendalian massa kali ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat serta tameng.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes. Pol. Komarudin, S.IK., M.M., melalui Kasat Sabhara, AKP. Sugiono, S.H., menjelaskan bahwa kegiatan latihan dalmas adalah program rutin Sat Sabhara dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota menghadapi situasi saat digelarnya aksi penyampaian pendapat di muka umum.

“Ya, kami rutin melaksanakan latihan-latihan peningkatan kemampuan personil Polri khususnya Sat Sabhara, baik itu baris-berbaris, bela diri, maupun dalmas. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapsiagaan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan”, ujar Giono.

BACA JUGA :

Dalam Rangka UKP : 120 Personil Polresta Pontianak Kota Ikuti Tes Beladiri

Polres Bogor Memberikan Bantuan Air Bersih Bagi Warga Jonggol Yang Kekeringan

Babinsa Ajang Aktif Imbau Warga Agar Selalu Menggunakan Masker

100 Prajurit dan Persit Kodim Sambas Ikuti Test Swab

 DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Usulan Empat Raperda

Selain itu, juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam pelayanan aksi penyampaian pendapat di muka umum dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polresta Pontianak Kota.

“Ada beberapa tahapan dalam pengendalian massa, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, dalmas awal hingga menggunakan peralatan pengurai massa seperti gas air mata maupun water canon yang harus sesuai SOP. Ini harus terus menerus dilatihkan, agar semua berjalan baik, Polri dapat menjalankan tugas secara profesional dan tetap menghormati hak azasi manusia”, tutup Giono. (WB*)

(Humas Polresta Pontianak Kota)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *