Satpolantas Polres Melawi, Menggelar Program Pengetahuan Tertib Berlalu Lintas

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(MELAWI) – Untuk menciptakan generasi pelopor keselamatan berlalulintas, berbagai upaya dilakukan Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Melawi, salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Sekolah-sekolah.

Salah satu programnya yakni Polantas mengajar, program ini sudah dilaksanakan Polantas Melawi sejak tahun 2005.

“Kita telah menunjuk personil Satlantas untuk mengajar di beberapa sekolah,”kata kasat lantas AKP Aang Permana,”
Rabu,(10/10/019).

Kegiatan ini dilakukan mulai dari sekolah dasar (SD) dan Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan SMA/SMK dengan tujuan upaya menanamkan sejak dini tentang tata cara berlalu Lintas.

“Perlunya ditanam sejak dini karena pada saatnya nanti mereka akan mengurus surat izin mengemudi (SIM) dan melangkapi kebutuhan kenderaannya ,” tambah Kasat.

Ditambahkan kasat selain di sampaikan pengetahuan terhadap kelengkapan kenderaan, para pelajar ini juga dibekali dengan pengenalan terhadap rambu-rambu lalu lintas serta bagaimana cara menangani secara dini kecelakaan dalam berlalu lintas dan tak kalah pentingnya bagi anak-anak pelajar.

” Pengetahuan tertib berlalu lintas ini sangat penting agar kedepan mereka bisa tahu bagaimana berkenderaan yang baik dan kelak mereka juga jadi pelopor keselamatan berlalu lintas,”sebut Kasat.

Di tambahkan Kasat, Saat ini Salah satu anggota nya Yaitu AIPTU Yanto,AP masih mengajar di tingkat SMP dan SMA di Kecamatan Nanga Pinoh, “memang beberapa waktu lalu pernah juga mengajar di SMP dan SMA di Kecamatan Belimbing.karena jarak tempuh dan keterbatasan personil,kita Off kan, “utuk Sementara cukup di Sekolah sekolah seputaran Kota Nanga Pinoh saja kata Kasat lantas,

AIPTU Yanto.AP Salah satu anggota Sat Lantas Polres Melawi Saat di temui Wartawan Ia Mejelaskan,”Saya ngajar tentang Patroli keamanan Sekolah dari sekolah ke sekolah Sejak tahun 2005, ungkapnya. ” Pertama kali berdirinya polres Melawi, hampir semua sekolah tingkat SMP mau pun tingkat SMA saya bina,ratusan Siswa siswi Sekolah telah Saya ajarkan, bahkan sekarang banyak siswa siswi saya yang telah Lulus,tamat sekolah,sejak 2005 hingga sekarang tahun 2019 dirinya masih mejadi tenaga pengajar disekolah.

“Saya masih ngajar di SMP Negeri 1 Nanga pinoh dengan jumlah siswa sekitar 50 Siswa,dan SMP Setya budi dengan jumlah 32 siswa, “Jadwalnya setiap hari Rabu dan hari Kamis namun kegiatan tersebut tetap menyesuaikan kegiatan disekolah masing masing, imbuhnya.

Kegitan dilaksanakan jam 15.00 s/d 17.00 Wib,materi yang disampikan,tentang Pengatahuan patroli keamanan Sekolah,yaitu 12 gerakan pengaturan lalu lintas,Peraturan baris berbaris, etika berlalu lintas,pengaturan dan penjagaan lalu lintas,dan TPTKP lalu lintas serta senamlalu lintas,beber AIPTU Yanto.

Di tambahkan AIPTU Yanto,”kegiatan ini dilaksanakan dengan tanpa pamrih mengingat disaat itu,polisi lalu lintas masih kurang sehingga terbersit dalam pikiran Saya dan rekan rekan Polantas Polres Melawi untuk membentuk PKS dengan tujuan bisa membantu polisi lalu lintas terutama pengaturan lalu lintas didepan sekolah masing masing,tuturnya.

“Alhamdulilah direspon sekolah dan telah di terapkan di SMP Negeri 1 Nanga Pinoh hingga sekarang,ungakap nya AIPTU Yanto
AP./*Jon.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *