Satgas Yonif R-641 Berikan Edukasi Cinta Tanah Air Melalui Permainan Gasing

POSTKOTAPONTIANAK.COM

BANTAN SANGGAU – (23/7/2020). Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru mengajak anak-anak perbatasan mencintai tanah air melalui permainan tradisional gasing. Permainan yang dilakukan di halaman Pos Pamtas yang terletak ditengah Dusun Bantan, Desa Bungkang, Kec. Sekayam, Kabupaten Sanggau ini dilakukan sambil mengisi waktu kosong di masa pandemi Covid-19.

Gasing merupakan permainan anak-anak yang menurut sejarah berasal dari budaya Melayu. Puluhan tahun lalu gasing pernah populer dan menjadi mainan idola anak-anak, khususnya laki-laki. Namun seiring gemerlapnya perkembangan modern dan dunia internet, permainan ini mulai meredup.

Pos Bantan Satgas Yonif R-641/Bru mengajak anak-anak di Dusun Bantan, Sanggau kembali mengenal dan melestarikan mainan tradisional ini. Dansatgas Pamtas Yonif R-641/Bru, Letkol Kukuh Suharwiyono, menyampaikan bahwa dalam permainan gasing yang bisa dilakukan secara kelompok atau perorangan ini, Satgas Yonif R-641 menyelipkan nilai-nilai sportifitas dan kebersamaan.

“Permainan tradisional ini harus kita lestarikan dan dimanfaatkan sebagai media edukasi nilai-nilai cinta tanah air kepada anak-anak kita di perbatasan,” ujar Kukuh.

Kukuh melihat anak-anak Bantan sangat bersemangat dan gaduh selama permainan, namun tetap gembira./*

R.641/Bru./PKP.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *