Satgas Pamtas Yonif R-641 Berikan Penyuluhan Covid-19 dan _New Normal_ untuk Warga Perbatasan Kalimantan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Sanggau, Balai karangan.(22/06) Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru memberikan penyuluhan tentang Covid-19 dan pemberlakuan _New Normal_ kepada masyarakat di 3 tempat di wilayah Kecamatan Balai Karangan, Kabupaten Sanggau. Pada hari Minggu (21/06) penyuluhan dilakukan di 2 dusun, meliputi Dusun Entabang yang diselenggarakan di Balai Dusun Adat Merau dan Dusun Panga yang digelar di Gedung Pekat Epuh, Dusun Semeng. Sementara pada hari Senin (22/06) kegiatan penyuluhan dilanjutkan untuk warga Dusun Palapasang yang digelar di Balai Dusun Panga, Kecamatan Balai karangan, Kabupaten Sanggau.

Kegiatan penyuluhan Covid-19 dan pemberlakuan _new normal_ merupakan salah satu kegiatan program Binter non fisik yang telah lama direncanakan oleh Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru. Namun, situasi pandemi Covid-19 membuat rencana tersebut belum terlaksanakan.

Seiring perkembangan pandemi Covid-19 dan rencana pemberlakukan _new normal_, Satgas Yonif R-641/Bru terpanggil untuk mensosialisasikan aturan kebiasaan hidup baru kepada warga perbatasan.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19, diantaranya mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak antar peserta minimal 1 meter dan menggunakan masker.

Mewakili masyarakat di 3 tempat penyuluhan tersebut, Sekdes Palapasang, Martinus Iwan (46), Tokoh Masyarakat Dusun Entabang, Romi (56) dan Ketua Adat Dusun Semeng, Hermanus Suherman (53) menyampaikan ucapan terima kasih, khususnya kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang yang telah memberikan penyuluhan kepada masyarakat perihal Covid 19 dan pemberlakuan New Normal. “Adanya penyuluhan dari Satgas Pamtas Yonif Raider 641 ini warga jadi mengerti tentang adanya pemberlakuan New Normal dan mengetahui syarat-syarat yang harus dilakukan ketika melaksanakan kegiatan di luar rumah,” ujar Martinus Iwan.

Dalam sambutannya, Letkol Kukuh menyampaikan harapan semoga roda perekonomian masyarakat perbatasan dapat kembali berputar. “Kita berharap roda ekonomi berputar lagi dan masyarakat dapat bekerja lagi, namun semunya harus sesuai dengan protokol kebiasaan baru atau _new normal_,” ujar Letkol Inf Kukuh.

Kegiatan penyuluhan Covid-19 dan pemberlakuan _New Normal_ kepada warga perbatasan akan dilanjutkan Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru di seluruh wilayah binaannya, baik yang berada di Sanggau, Bengkayang maupun Sambas./*

R.641/Bru.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *