Sasaran Strategis Pembangunan Kehutanan KalBar Tahun 2018

( foto : try )

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Pontianak ) – Kepala Dinas Kehutanan Kalbar, Marcel SH MH yang ditemui wartawan disela sela acara Forum SKPD Kehutanan Kalbar Tahun 2018 yang dihelat di Pungtion Hall Hotel Kapuas Palace Senin, 27/3/2017 mengatakan bahwa sasaran strategis pembangunan kehutanan tahun 2018 meliputi 5 aspek.

Aspek yang pertama yaitu meningkatnya kapasitas SDM penyuluh kehutanan sebanyak 40 orang dan kelembagaan masyarakat lokal sebanyak 6 kelompok melalui program penyuluhan dan pengembangan perhutanan sosial.

Kedua, berkurangnya kawasan yang rusak seluas 1.000 Ha/Tahun ditempuh melalui program perlindungan dan konservasi sumberdaya alam dan ekosistem.

Ketiga, berkurangnya lahan kritis didalam dan diluar kawasan hutan seluas 10.000 Ha/Tahun ditempuh melalui program pengelolaan DAS dan rehabilitasi hutan dan lahan.

Keempat meningkatnya informasi pembangunan kehutanan yang berkualitas ditempuh melalui program peningkatan informasi dan sinergi pembangunan kehutanan.

Dan kelima meningkatnya tertib penggunaan kawasan hutan dan kegiatan usaha dibidang kehutanan sebanyak 75 unit managemen ditempuh melalui program penatagunaan dan pengelolaan hutan.

Ada pun program prioritas pembangunan kehutanan tahun 2018 meliputi penyuluhan dan pengembangan perhutanan sosial, perlindungan hutan dan konservasi SDA dan ekosistem, pengelolaan daerah aliran sungai dan rehabilitasi hutan dan lahan, peningkatan informasi dan sinergi pembangunan kehutanan, penatagunaan dan pengelolaan hutan.(T Setio)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *