Sanggau Kembangkan Tanaman Durian Serumbut

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SANGGAU – Kabupaten Sanggau Selain terkenal dengan kelapa Sawit, juga terkenal dengan durian. Kadang jika di pontianak disebut durian Batang Tarang karena daerah inilah asal durian tersebut.

Guna mengembangkan buah berduri yang bulat itu,Pemkab kabupaten Sanggau melalui  Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau,tekah menyiapkan 22 hektar lahan untuk mengembangkan dan melestarikan durian itu melalui program budidaya durian serumbut.

Kepala Dishangpang Hortikan John Hendri mengatakan Durian Serumbut sekarang ini sudah dikenal semua orang. Dan sekarang ini karena hak patennya sudah kita miliki, para penangkar bibit durian sudah boleh melakukan pengembangan dalam bentuk pembibitan dan penanamannya.

Dari 22 ha lahan yang kita siapkan itu, dua hektar letaknya di Desa Tae Kecamatan Balai dan 20 hektar di perbatasan,” kata John Hendri diruang kerjanya rabu siang 5/2/

Kita berusaha mengembangkan durian lokal asal sanggau katanya. termasuk durian Serumbut ini. “Jadi, lahan ini dikelola langsung oleh petani,” katanya.

Kami dari Dinas lanjutnya siap membantu bibit dan pupuknya untuk tahap awal.

“Setelah itu silakan petani lagi yang mengembangkan,”katanya.

Disampaikannya pengalaman kita yang telah di lakukan di Entikong itu sudah menghasilkan.”5 sampai 6 tahun sudah bisa panen,” dengan panen yang dihasilkannya itu akan berdampak terhadap perekonomiannya./(man).

// Ket : foto Kadis..Ir.H.Jhon Hendri //.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *