ROBO-ROBO KUALA MEMPAWAH, RAJA MARDAN PIMPIN RITUAL BUANG-BUANG

 

Robo-Robo di Mempawah
Robo-Robo di Mempawah

Mempawah, POSTKOTAPONTIANAK.COM –
Acara puncak peringatan warisan budaya tapa benda ritual robo-robo di Kuala Mempawah ditandai dengan ritual buang-buang di Muara Kuala Mempawah, Rabu (21/9/2022).

Ritual tersebut dipimpin Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Dr Ir Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, M.Sc beserta kerabat dan laskar Kerajaan Amantubillah Mempawah.

Sejak pagi hari, masyarakat tumpah ruah di lokasi arena robo-robo Kuala Mempawah untuk menyambut kehadiran Raja Mempawah ke-XIII untuk memimpin puncak acara robo-robo di Muara Kuala Mempawah.

Tak hanya di bagian darat, sebagian besar masyarakat juga menggunakan perahu dan kapal untuk menyaksikan puncak acara robo-robo.

Sekitar pukul 10.30 WIB, Raja Mardan didampingi permaisuri beserta puluhan laskar tiba di Dermaga Pelabuhan Kuala Mempawah.

Selanjutnya, Raja dan rombongan menggunakan perahu menuju ke dermaga untuk melaksanakan ritual buang-buang yang merupakan puncak napak tilas kedatangan Raja Mempawah pertama Opu Daeng Menambon.

Usai melaksanakan prosesi ritual buang-buang, Raja Mardan beserta rombongan kembali ke Keraton Amantubillah Mempawah untuk melanjutkan rangkaian acara dan kegiatan yg telah diagendakan./Din/Hin.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.