Robo Robo Kakap, Identitas Budaya Leluhur

Reporter : Devi Lahendra

 H.Rusman Ali./ foto : Devi Lahendra
H.Rusman Ali./ foto : Devi Lahendra

KAKAP ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Bupati Kabupaten Kubu Raya, H. Rusman Ali mengatakan setidaknya di setiap tahun agenda Robo robo harus memiliki kemasan yang berbeda sehingga dapat memberikan dampak yang baik untuk kemajuan Kabupaten Kubu Raya Umumnya dan Kecamatan Sungai Kakap khususnya sebagai tuan rumah penyelenggara Robo robo.

Sejatinya selain dilakukan pembenahan maupun penataan tempat pelaksana Robo robo, di tahun depan akan lakukan penelitian identitas Robo robo di Sungai Kakap dan itupun akan anggarkan melalui APBD Kubu Raya.

“Jadi kita bisa punya identitas dari Robo robo di Kabupaten Kubu Raya, semoga dari penelitian nanti akan menjadi jelas perayaan Robo robo kita ini, ” terang Rusman Ali pada sejumlah wartawan, Rabu (9/12/15).

Namun dari semua makna Robo robo, lanjut Rusman Ali mengatakan selama ini merupakan napak tilas dari kedatangan Opu Daeng Manambon, ritual adat yang dilestarikan turun temurun. Yang mana inti dari semua pelaksanaan Robo robo adalah tradisi dari leluhur yang hingga kini masih kita pertahanan.

“Tetapi tidak ada salahnya jika kita lakukan penelitian yang lebih mendalam untuk Robo robo. Dan untuk membangun tempat khusus perayaan Robo robo di Kakap saya rasa itu harus kita laksanakan namun kita harus mempersiapkan lokasi yang tepat serta harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, ” tukas Rusman Ali mengakhir./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *