Robo Robo Dimata Raja Raja Di Kalimantan Barat

Tradisi Makan Seprahan Menjadi Acara Puncak Dalam Perayaan Robo robo Di Kecamatan Sungai Kakap./ foto : Devi Lahendra
Tradisi Makan Seprahan Menjadi Acara Puncak Dalam Perayaan Robo robo Di Kecamatan Sungai Kakap./ foto : Devi Lahendra

Reporter : Devi Lahendra
Kakak ! Postkotapontianak.com — Jika dilihat dari napak tilas sejarah keberadaan Sungai Kakap maupun perjuangan masyarakatnya, jelas telah catatan di dalam sejarah bahwa daerah Sungai Kakap atau yang sekarang menjadi Kecamatan Sungai Kakap dulunya berbentuk Kedemangan yang mana tidak terlepas dari Kerajaan Kesultanan Pontianak.

Sejatinya segala tradisi maupun kebudayaan yang ada di Kecamatan Sungai Kakap,Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat tidak terlepas dari Kerajaan Kesultanan Pontianak yang mana pada masa lampau, Sungai Kakap dipegang oleh keturunan dari Kesultanan Pontianak.

“Jelas dengan kegiatan Robo robo ini, Kerajaan Kesultanan Pontianak sangat mendukung kegiatan ini. Pasalnya dari ritual adat ini mengingatkan kita pada tempo dulu dimasa kerajaan, hingga kini masih kita terus peringati disetiap tahunnya, ” papar Pangeran Seri Negeri, Sy.Mahmud Alkadrie pada sejumlah wartawan, Rabu (9/12/15).

Ditempat yang sama, Raja Kerajaan Ismahayana Landak, Iswaramahayana Dipati Karang Tanjung Gusti Suryansah, mengusulkan pelaksanaan Robo robo di Kecamatan Sungai Kakap setidaknya sama atau tidak maknanya dengan Robo robo yang ada di Kabupaten Mempawah.

Yang mana kita ketahui bahwa Robo robo di Mempawah merupakan napak tilas atas kedatangan Opu Daeng Manambon, tak ayal untuk Robo robo tahunan di Kakak memiliki nilai serta makna yang sama dengan yang lain.

“Saya rasa ini hanya sebuah usulan dari saya apakah kegiatan Robo robo yang sekarang ini kita rayakan di Kakap sama maknanya untuk mengenang napak tilas Opu Daeng Manambon atau ada makna lain. Nah disitu saya rasa pemerintah Kubu Raya harus dapat memperjelas dan memperlihatkan identitas tersendiri di dalam Robo robo Kakap ini, ” tukas Gusti mengakhiri./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *