Robo Robo “Antara” Tradisi Budaya dan Wisata

Tradisi Pembukaan Ritual Adat Robo Robo, Di Kecamatan Sungai Kakap, Diawali Dengan Tepung Tawar./ foto : Devi lahendra
Tradisi Pembukaan Ritual Adat Robo Robo, Di Kecamatan Sungai Kakap, Diawali Dengan Tepung Tawar./ foto : Devi lahendra

Reporter : Devi Lahendra
KAKAP ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Robo Robo yang merupakan tradisi adat turun temurun yang dirayakan setiap tahunnya di bulan Shafar penanggalan tahun Hijriah, khususnya di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat yang dipusatkan ditepian Sungai Kakap.

Dengan diisi berbagai perlombaan serta kehadiran pasar malam dipusat pelaksanaan kegiatan Robo robo menjadikan kegiatan tahunan tersebut sebagai kunjungan wisata budaya yang harus dikemas secara baik sehingga kebudayaan Robo robo tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, tetapi juga dapat dikenal oleh wisatawan luar Kalbar bahkan sampai pada wisatawan manca negara.

“Kalau untuk pendanaan kita sudah tidak kesulitan lagi dalam acara Robo robo ini, namun sejauh ini kita berharap kepada Bupati untuk dapat menyediakan tempat khusus atau membangun tempat khusus untuk Robo robo di Kecamatan Kakap, jadi kiranya tahun depan pelaksanaan Robo robo sudah memiliki tempat yang benar-benar tertata dan memiliki nilai jual dari sisi pariwisata, ” ucap Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Hendri Oktavia pada sejumlah wartawan, Rabu (9/12/15).

Ditempat yang sama, Camat Sungai Kakap Rusfendi Usman mengatakan Robo robo merupakan tradisi masyarakat Kecamatan Sungai Kakap khususnya dan Kabupaten Kubu Raya pada umumnya, yang mana selalu dirayakan dan bahkan selalu menjadi kegiatan yang ditunggu oleh masyarakat.

“Jelas dampak serta imbas dari agenda tahunan ini juga berimbas pada meningkatnya perekonomian masyarakat, yang mana disetiap tahun perayaan Robo robo selalu menjamur pasar malam dadakan dengan tingkat transaksi yang sangat besar selama pelaksanaan kegiatan yang biasanya sampai 1 minggu lamanya. Kita juga berharap semoga ditahan depan  kita dapat melaksanakan kegiatan ini lebih meriah lagi, ” tukas Rusfendi mengakhiri./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *