Rina Adriana Gunawan, Putri Abah Alam Adakan Acara Tingkeban Anak Ke 2

Bandung – postkotapontianak.com

Upacara Tingkeban adalah salah satu tradisi selametan dalam masyarakat Jawa atau Sunda disebut juga mitoni berasal dari kata pitu yang artinya tujuh. … Di dalam kitab,disebutkan bahwa Telonan, Mitoni, dan Tingkeban dilakukan untuk memohon keselamatan anak yang ada di dalam rahim (kandungan).

Dimasa ini calon ibu dimanja. Tidak boleh capek atau bekerja berat. Calon ibu dibuat enjoy dan siap secara lahir batin untuk melahirkan dan merawat bayinya. Sementara calon ayah diminta lebih perhatian dan siaga untuk menyambut sang bayi. Menyiapkan segala sesuatu kebutuhan Ibu dan bayinya.

Adalah Rina Mardiana Gunawan, Putri Abah Alam. Ia beserta suaminya Jack, menggelar acara tingkeban anak ke 2 nya di Cafe Maxys Hotel Jalan Gunung Agung No 8 Ciumbuleuit Bandung, Rabu (04/03).

Acara ini dihadiri para keluarga besar Abah Alam dan handai taulannya. Acara berlangsung khidmat dan sakral. Tampak beberapa pejabat, aktivis, pen gushes, budayawan hadir memenuhi undangan.

Salah seorang tamu undangan adalah Dra Ir Hj Eni Sumarni MKes, Anggota DPDRI. Menurutnya acara tingkeban ini sangat baik untuk dilestarikan. Prosesi adat budaya ini sangat sakral dan menarik. Apalagi dikemas dengan baik. Ditambahkan tari tarian tradisional, bisa membuat kaum milenial untuk terus melestarikan adat budaya ini.

Eni yang duduk di kursi DPDRI periode 2019 – 2024 ini yakin kalau adat budaya tingkeban bisa terus dilestarikan. Disesuaikan dengan perkembangan zaman millennial. Akan semakin banyak anak muda, atau keluarga baru yang akan menggelar acara tingkeban. ” Tradisi yang baik harus terus dilestarikan, ” pungkas Bunda Eni, yang juga nenek dari 2 orang cucu ini. (Aura)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *