Ratusan Santri Ikuti Perkemahan Akbar di Ponpes Darunnajah Cipining

POSTKOTAPONTIANAK.COM

BOGOR-Keheningan Kampung Cipining berubah semarak gembira saat pembukaan Perkemahan Santri Darunnajah (Persada) yang diikuti 500-an lebih santri dari berbagai Gugus Depan Pramuka se Jabodetabek, pada Kamis siang (05/02/2015), di Kampung Cipining, Jasinga, Cigudeg, Kabupaten Bogor.

kemah-santri daruljannah“ Saya bahagia, meski diguyur hujan deras, satu orang santripun tidak ada yang meninggalkan lapangan”, demikian diungkapkan KH. Jamhari Abdul Jalal, Pimpinan Pesantren Darunnajah  Cipining, di Bumi Perkemahan Darunnajah Cipining sesaat setelah pembukaan kegiatan.

Kak Suriyadi, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dalam sambutannya mewakili Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas) mengatakan pesantren sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Sebab itu bagi Pesantren, pramuka bukanlah hal baru. Pesantren mencintai Indonesia dengan aksi-aksi nyata para pimpinan dan alumnus-alumnusnya. “Pesantren adalah lembaga pendidikan sekaligus lembaga perjuangan”, ujarnya bersemangat.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Darunnajah, KH. Saifuddin Arif mengingatkan agar nilai-nilai kepramukaan seperti gotongroyong, kasih sayang, disiplin, dll tidak sekedar diamalkan di bumi perkemahan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan hingga ajal menjemput.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Dr. Sofwan Manaf, pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta, yang juga Ketua Yayasan Bidang Pesantren, Purwanto, Wahyudi, Latief (Kepanduan Kemenpora), Hariqo Wibawa Satria (Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Kominfo), dan Yasin Zainuddin (Ka Kwarcab Kab Bogor).

Berbagai atraksi memukau seperti pencak silat, baris berbaris, paduan suara, derap langkah, ditampilkan dengan sempurna. Kegiatan akan berlangsung mulai 05 Feb – 08 Feb 2015. Rido Makki, salah seorang guru menyebut bahwa perkemahan gabungan seperti ini akan diadakan setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda, tujuannya memperkuat silaturahmi, dan meningkatkan kecintaan santri terhadap Indonesia. (Hariqo Wibawa Satria, M.Si)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *