Ratusan Rumah Terendam Air Hingga Ketinggian 2 Meter

MELAWI KALBAR ( PKP ) : Curah hujan semakin tinggi, pasar Nanga Pinoh Melawi banjir ratusan rumah setiap desa dan Kecamatan terendam air.

Masyarakat minta Perintah Daerah Melawi harus peduli salurkan bantuan untuk masyarakat ternampak banjir. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu warga masyarakat Melawi Rahman Kumar Bala ( 58 ) yang lebih dikenal dengan panggil Jul .

Warga desa Paal katanya mengeluhkan sampai saat bantuan belum ada untuk masyarakat korban banjir, tutur Rahman menjelaskan kepada sejumlah awak media (4/ 9) 2021).

(Foto Kondisi banjir/ dok postkotapontianak.com.)

Lanjutnya, kalau kita lihat pontensi tingginya curah hujan di penghulu. Hujan dengan intensitas tinggi hampir merata di wilayah Kabupaten Melawi Nanga Pinoh yang membuat Sungai Meluap hampir semua kawasan mulai kecamatan dan setiap desa terdampak banjir khususnya mereka yang bermukiman di dekat bantaran sungai Melawi, seperti Desa Paal, Desa Sungai Pinang, Desa Kelaki.

Dikarenakan Intensitas curah hujan yang tinggi hampir sepekan ini, akibat curhat hujan tinggi di penghuluan maka terjadi banjir besar. Seperti di daerah Kecamatan Serawai dan Amplau mengakibatkan sejumlah sungai di Kabupaten Melawi meluap, Sungai Mendukung, Sungai Ella, Sungai Berlimbing, Sungai Dalam Nanga Kayan. Dan juga Seperti sungai Pinoh, Sungai Sayan.

Pasar Kabupaten Melawi pun kini dalam kondisi berkepung banjir. Hampir semua kecamatan mengalami banjir. Bahkan Ribuan rumah wargapun terendam, dengan ketinggian bervariasi hingga 2 meter hingga 3 meter, masyarakat Melawi minta pihak terkait untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir, pungkas Rahman./JON.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.