Rapid Tes, Antisipasi Penyebaran Wabah Covid-19

PONTIANAK-KALBAR ! PKP : Bertempat Masjid Al-Wasilah Jalan SMU 5 Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara berlangsung pelaksanaan kegiatan Rapid Tes (Covid-19) terhadap warga yang melaksanakan ibadah sholat tarawih berjama’ah, Sabtu (16/5/2020).

Adapun Rapid Tes (Covid-19) yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Kelurahan  Batulayang tersebut dilakukan secara acak terhadap 23 Jema’ah Masjid Al-Wasilah dan 9 orang warga Ex. TKI dari Malaysia yang sementara mengontrak dilingkungan sekitar dan baru tiba 2 hari di Pontianak guna mengetahui dan mengantisipasi terjadinya penyebaran wabah covid-19 di Kecamatan Pontianak Utara khususnya di Kelurahan Batulayang.

Pada kesempatan tersebut dihadiri Kuswandi, SH Camat Pontianak Utara, AKP Hery Purnomo, SE, M.Ap Kapolsek Pontianak Utara, Mahsyar Lurah Batulayang, Hakimah Kepala UPTD Puskesmas Batulayang, Anwar, S.Sos Ketua Masjid Al-Wasilah, Para Ketua RW dan RT setempat serta  Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Kelurahan Batulayang

Bahwa terhadap warga yang telah dilakukan rapid tes (covid-19) dipersilahkan untuk kembali kerumah masing-masing namun wajib tetap memperhatikan kebersihan dan keselamatannya sedangkan untuk hasil rapid tes tersebut apabila ada warga yang terindikasi reaktif akan dihubungi kembali oleh petugas medis untuk menjalani tes kembali sesuai SOP yang berlaku.

Kuswandi, SH Camat Pontianak Utara dalam himbauan menyampaikan kepada seluruh Jema’ah Masjid yang hadir agar selalu memperhatikan kebersihan dan menjaga kesehatan diri.

Apabila ada hasil Rapid Tes yang dinyatakan reaktif agar bapak ibu tidak menjadi panik dan melakukan karantina mandiri serta melaporkan kepada petugas medis apabila mengalami gangguan kesehatan, anjurnya.

Kata Camat, dikesempatan ini kami himbau kepada bapak/ibu sekalian agar selama situasi darurat covid-19 ini sebisa mungkin melaksanakan ibadah dirumah saja sesuai dengan himbauan Pemerintah.

Semantara itu ditempat yang sama AKP Hery Purnomo, SE,  M.Ap Kapolsek Pontianak Utara mendapat kesempatan untuk menghimbau warga sekalian mengingat saat ini sedang dalam situasi darurat covid-19 agar melaksanakan kegiatan ibadah dirumah masing-masing dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, katanya mengingatkan.

Lanjut AKP Hery Purnomo, “ Kami tidak henti-hentinya menghimbau, agar kejadian seperti sekarang ini tidak terulang kembali. Hal ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua.

“ Kita mengajak bersama-sama mendukung Pemerintah agar wabah ini dapat segera teratasi,” harapnya.

Pemerintah dalam hal ini melalui MUI juga sudah mengeluarkan surat edaran agar melakukan ibadah dirumah, jelas Kapolsek, baik pelaksanaan sholat 5 waktu, sholat Jumat, sholat Tarawih maupun Sholat Idul Fitri yang akan segera berlangsung.

“ Kami tidak bosan-bosannya mengajak bapak/ibu sekalian untuk selalu waspada terhadap wabah virus covid-19. Kami mohon maaf mudah-mudahan bapak/ibu sekalian dapat mengerti dan mematuhi himbauan dari Pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19,” tegas Kapolsek Pontianak Utara AKP Hery Purnomo./*

(DIEN PKP)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *