Rapat Koordinasi Dalam Rangka Perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh Tahun 2020

“Merajut Tali Kebersamaan Melalui Keberagaman Budaya”

Foto : Ist.

MEMPAWAH – Kamis (16/1/2020), pukul 09.20 bertempat di Rupatama Polres Mempawah telah di laksanakan kegiatan rapat koordinasi dalam rangka perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh Tahun 2020 di Kab. Mempawah dengan tema “merajut tali kebersamaan melalui keberagaman budaya”.

Pada kesempatan tersebut dalam sambutan Kapolres Mempawah menyampaikan
terimakasih kepada bapak dan ibu yang hadir pada hari ini dalam rangka rapat persiapan Imlek 2571 dan Cap Go Meh tahun 2020.

Menurutnya, Bahwa time line Operasi Liong Kapuas 2020 dalam rangka imlek di laksanakan selama 17 hari terhitung mulai tanggal 23 Januari s/d 08 Februari 2020. Selain itu Operasi Liong Kapuas 2020 adalah operasi kamanusian, sama seperti operasi lainnya yaitu Lilin Kapuas, Ketupat Kapuas sehingga di harapkan dalam operasi ini berperan aktif khususnya dalam hal pencegahan.

Lanjutnya, Perkiraan ancaman yang di hadapi dalam pelaksanaan kegiatan yaitu : Terorisme, Laka lantas, Kebakaran, Kelangkaan sembako, Bencana alam, Kemacetan, Narkoba dan miras, Kriminalitas, Laka petasan dan sweeping dari ormas yang menentang pelaksanaan kegiatan.

Target operasi Liong Kapuas 2020 adalah sebagai berikut : Masyarakat yang merayakan imlek, Masyarakat yang berbelanja, Masyarakat yang menyaksikan kegiatan Cap Gomeh .Tempat perbelanjaan, terminal, Vihara, Yayasan Tionghoa, jalan rawan macet, rawan bencana, pusat kegiatan imlek, obyek vital, Pos Pam, katanya.

Diharapkan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan giat operasi tersebut dapat berkerjasama dengan instansi samping dan ormas yang ada sehingga pelaksanaan rangkaian kegiatan perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh tahun 2020 dapat berjalan dengan aman dan lancar,tegas AKBP Tulus Sinaga.

Sambutan Pasiter Kodim 1201 / MPH.
Bahwa Kodim 1201 / MPH siap bersinergi dengan Polres Mempawah dan stakeholder terkait guna mendukung dan menciptakan keamaan dalam pelaksanaan kegiatan perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh tahun 2020.

Ditempat yang sama, sambutan Kepala Bidang Pariwisata Disdikporapar Kab. Mempawah mengatakan Bahwa di harapakan panitia bisa berkoordinasi dengan pihak dinas pariwisata terutama dalam rangka acara pembukaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh 2020 yang akan di hadiri oleh jajaran Forkompimda Kab. Mempawah.
b. Di harapkan agar MABT ( majelis adat budaya tionghwa ) di aktifkan kembali sehingga bisa menjadi wadah yang bisa memayungi permasalahan yang terjadi khususnya yang menyangkut kegiatan warga etnis tionghwa.

Sementara itu Sambutan dari Kadishub dan LH Kab. Mempawah menyampaikan Bahwa sukses nya acara perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh tahun 2020 Kab. Mempawah yang di pusatkan di Kec. Sungai Pinyuh adalah kesuksesan kita semua dan jajaran Dishub dan LH Kab. Mempawah siap akan mengutus jajaran kami untuk membantu dalam pengamanan operasi liong 2020.

Pengurus Yayasan Tri Dharma Sungai Pinyuh dalam sambutannya mengatakan bahwa dari yayasan hanya melaksanakan kegiatan khusus di lokasi halaman Klenteng Tri Dharma Bhakti Kec. Sungai Pinyuh yaitu dari tanggal 24 Januari 2020 s/d 09 Februari 2020.

Serta sambutan dari Panitia Cap Go Meh tahun 2020, pada kesempatan tersebut katanya, bahwa kami akan melaksanakan kegiatan di luar area halaman Tri Dharma Bhakti berupa kegiatan pawai naga, tatung, pawai budaya nusantara dan pawai lampion sesuai jadwal yang telah di buat.

Selain itu sambutan Camat Sungai Pinyuh memaparkan bahwa dalam pelaksanaan suatu kegiatan sudah biasa terjadi permasalahan tetapi ini menjadikan kita dewasa untuk belajar menjadi lebih baik.

Kata Camat, mudah – mudahan permasalahan yang kita hadapi tidak akan muncul kembali dan selesai pada saat ini dan masing – masing pihak bisa melaksanakan kegiatan sesuai dengan agenda yang ada. Dan konsentrasi masyarakat Kabupaten Mempawah dalam rangka Imlek dan Cap Go Meh terfokus pada kegiatan acara yang di pusatkan di Kecamatan Sungai Pinyuh sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan sukses, dan saya mengharapkan agar dalam pelaksaaan tahun depan permasalahan seperti ini tidak terulang kembali, jika masih ada permasalahan maka kami selaku wakil pemerintahan di Kec. Sungai Pinyuh tidak akan mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan perayaan kegiatan Imlek 2571 dan Cap Go Meh 2020 di Kec. Sungai Pinyuh,himbaunya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga, S.IK, MH, Dandim 1201 / MPH diwakili oleh Pasiter Kapten Hendro P, Kabid Pariwisata Disdikporapar Kab. Mempawah Raja Fajar Azansysah, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kab. Mempawah Drs. Suharjo Lie, Kabagops Polres Mempawah yang di wakili oleh AKP Jusman, Kasat Intelkam Polres Mempawah AKP Abdul Malik, SIP serta Kasat Reskrim Polres Mempawah AKP Sutrino, SIK.
– Kasat Polair Polres Mempawah IPTU Bambang, Kapolsek Sungai Pinyuh AKP Shandy SG. Suawa, SH, SIK, Kapolsek Sungai Kunyit IPTU Joni, SH, MAP, Kapolsek Mempawah Timur IPTU Suwanto, Kapolsek Siantan IPTU Tarminto, SH, Kapolsek Segedong IPDA Suprianto, SH, Dansubpom Sungai Pinyuh Kapten Cpm. Yudha, Camat Sungai Pinyuh Drs. Daeng Dicki Armenia, Perwakilan MABT Kab. Mempawah Rudi, Bendahara FKUB Kab. Mempawah Budiyono Goy, Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kok Sau Min, Panitia Imlek dari Yayasan Tri Dharma Bhakti Tedi Yus Sugianto, Kasat Pol PP Kab. Mempawah yang di wakili Rosmidi, Sekjen FPI Kab. Mempawah Harry Gunawan, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab. Mempawah Herman, SE, Perwakilan Banser Sungai Pinyuh Ikhya, Ketua Badan Pemadam Api Sungai Pinyuh Jong Choi Cin, Perwakilan Yayasan Song Ngi Sa Sungai Pinyuh Ho Jang Jun, Perwakilan Yayasan Arif Sejahtera Sungai Pinyuh Kok Hendarmawan, Perwakilan Yayasan Chung Sen Sha Sungai Pinyuh Kim Pian, Perwakilan Yayasan Majin Group Teddy Hastono, Para Kades Se-Kec. Sungai Pinyuh dan Se-Kec. Anjongan beserta sejumlah awak media dan Tamu undangan sekitar 20 orang.

Adapun kegiatan rapat koordinasi dalam rangka perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh Tahun 2020 di Kab. Mempawah selesai pada pukul 11.40 wib dengan situasi aman dan lancar./*rls/red.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *