Puncak Peringatan HUT Pramuka

Presiden: Pramuka Harus Kreatif dan Inovatif

Presiden Jokowi saat  peringatan  HUT Pramuka./lha
Presiden Jokowi saat peringatan HUT Pramuka./lha

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JAKARTA— Gerakan Pramuka harus kreatif agar dapat diterima dan dicintai oleh generasi muda. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Puncak peringatan Hari Pramuka ke-54 berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (16/8).

“Saya berpesan agar Kwarnas, Kwarda dan Kwarcab kreatif agar anak-anak mencintai Pramuka. Saya mendukung revitalisasi Gerakan Pramuka. Untuk itu butuh kerja keras bersama dan perlu terobosan-terobosan kreatif dan inovatif,” kata Presiden Jokowi yang juga Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Pramuka.

Menurutnya, dalam membangun Bangsa bukan hanya pada pembangunan fisik saja namun juga jiwa dan raga. Sebab, bangsa yang berkepribadian tidak mudah terombang ambing oleh perkembangan zaman. “Itulah pentingnya Pramuka,” ujar Jokowi.

Hal senada diungkapkan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, tantangan bagi Gerakan Pramuka saat ini adalah bagaimana hadir, berpengaruh dan membangun karakter generasi internet yang potensial sekaligus rentan terhadap perkembangan teknologi.

Presiden Jokowi saat menyalami para Pramuka.lha
Presiden Jokowi saat menyalami para Pramuka.lha

“Tantangan bagi pembina Pramuka adalah kreatif sehingga anak didik bangga menjadi anak Pramuka. Oleh karena itu, Pramuka telah membentuk Pasukan cyber dimana setiap anggota Pramuka berfungsi sebagai kantor berita,” kata dia menambahkan.

Menurutnya, Pramuka berbasis pendidikan karakter yang sangat cocok dalam membangun mental generasi muda. Nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka merupakan rambu-rambu bagi anggota Pramuka dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Puncak peringatan HUT Pramuka dimeriahkan berbagai atraksi dan pertunjukan. Hadir dalam acara tersebut Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nachrawi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Beberapa pimpinan daerah yang menerima penghargaan adalah Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan), Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), M. Ridho Fichardo (Gubernur Lampung), Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) dan Brigjen (Purn) Abraham O. Atururi (Gubernur Papua Barat) yang kehadirannya diwakilkan./PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *