PU Mulai Perbaiki Jalan Di Tempunak Hulu

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SINTANG-Warga delapan desa di Tempunak Hulu beberapa waktu yang lalu mengancam akan

Jalan yang rusak saat ini mulai dilaukan perbaikan./wjs
Jalan yang rusak saat ini mulai dilaukan perbaikan./wjs

melakukan aksi golongan putih (golput) pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015 mendatang karena kecewa dengan kondisi jalan yang mengalami rusak parah. Kerusakan parah jalan di Tempunak Hulu tersebut membuat melambungnya harga kebutuhan bahan pokok bahkan sulitnya mobilitas barang dan manusia.

Hendrikus, ST, MT Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang mengakui akan rusaknya jalan menuju Desa Gurung Mali dan sekitarnya di wilayah Tempunak Hulu akibat tingginya curah hujan dan fondasi jalan yang tidak kuat. “kami memahami aspirasi masyarakat kemarin, hanya saja cuaca tidak memungkinkan sehingga kami menunda perbaikan jalan sesuai permintaan masyarakat. Ketika musim kemarau tiba saat ini seluruh potensi kami kerahkan untuk memperbaiki jalan mulai dari Simpang Begandong sampai Desa Merti Jaya dengan panjang sekitar 7 KM. Dan akan kami teruskan hingga ke Desa Jaya Mentari” jelas Hendrikus ketika mendampingi Bupati Sintang menghadiri pembukaan gawai Dayak Seberuang pada Selasa 23 Juni 2015.

“untuk wilayah Tempunak Hulu ini ada beberapa ruas jalan yang tidak ada tersedia tanah laterit yang memang sangat baik untuk menimbun jalan, sehingga yang digunakan saat ini hanya tanah kuning” jelas Hendrikus.

Perbaikan jalan oleh jajaran Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Wilayah III di wilayah Tempunak Hulu diawasi langsung setiap hari oleh Kepala UPJJ Wilayah III Tusep Ekaburang, ST. Saat ini peralatan yang dikerahkan UPJJ Wilayah III ada dua unit excavator, satu unit vibro roller, satu unit motor grader, dan dua tiga unit dump truck.

Memanfaatkan tibanya musim kemarau, UPJJ Wilayah III sapai harus membangun basecamp di Tempunak Hulu untuk memarkir alat berat dan tempat menginap seluruh kru UPJJ Wilayah III.

Pj. Kepala Desa Gurung Mali Hermanus Tutul mengharapkan agar UPJJ Wilayah III terus bisa memelihara jalan yang menghubungkan beberapa desa. “karena jalan ini kebutuhan utama masyarakat kami” jelas Hermanus Tutul./WJS


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *