Protokol Covid 19 Tetap Dilakukan Bagi Pengunjung Makam Habib Husin

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Mempawah Sejegi – Antusias pengunjung untuk ziarah tak dapat hentikan, dimana ini berlaku tiap tahun saat hari raya idul fitri, seperti kunjungan penziarah ke makam habib husin di desa sejegi mempawah. Dimana makan habib husin ini mengandung unsur keramat bagi orang berziarah ke makamnya. Kamis (28/05/2020)

Kepala Desa Sejegi Muhammad Idris katakan, kepada pengurus makam habib husin untuk tetap tidak mengindahkan aturan dari pemerintah dan protokol yang ada selama pandemic wabah virus corona (covid 19), untuk menerima kedatangan para penziarah yang berkunjung.

“Kami tetap akan melakukan langkah pengecekan ini merupakan upaya aparatur Desa Sejegi bersama TNI/Polri untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sudah lazim tiap tahun, para penziarah banyak berdatangan dari luar Kabupaten Mempawah, bahkan dari luar Kalbar,” ungkapnya.

Disadarinya, semenjak pandemi Covid-19, para penziarah yang datang ke Makam Habib Husin, tidak terlalu banyak, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Ia menduga, minimnya jumlah pengunjung dikarenakan masyarakat enggan berpergian lantaran mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak yayasan dan pengurus makam, selama wabah corona ini tidak dilakukan penutupan kunjungan, namun yang benar adalah memperketat aturan dengan menambahkan protokol pencegahan Covid-19 sebelum melakukan ziarah ke Makam Habib Husin,” ucapnya

“Masyarakat yang ingin berziarah mesti mengenakan masker, mencuci tangan, bewudhu dan menjaga physical distancing. Selain itu, setiap dua jam kita akan melakukan penyemprotan desinfektan di lokasi makam maupun mushala,” ujarnya.

Dalam memperlancar kegiatan pengawasan ini, Idris mengungkapkan, Pemerintah Desa Sejegi bekerja sama dengan pihak yayasan pengelola Makam Habib Husin dan juga aparat TNI/Polri setempat.

“Respon pihak yayasan pengelola Makam Habib Husin juga sangat baik. Mereka mendukung upaya pencegahan Covid-19. Untuk itu, kami patut mengucapkan terima kasih. Terutama kepada aparat TNI/Polri yang selalu membantu kami dalam proses pengamanan di Kompleks Makam Habib Husin ini,” imbuhnya.(De’res)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *