Proses Evakuasi Eks Gafatar di Melawi Berlansung 4 tahap

Proses evakuasi di Melawi./ Frans
Proses evakuasi di Melawi./ Frans

Reporter : Frans Somil

MELAWI ! PostKotaPontianak.comProses Evakuasi Eks Gafatar di Melawi Tahap ke 4 Pemkab berangkatkan 342 Jiwa Melawi di mana pada sebelumnya tahap pertama, Kamis 21 Januari 2016 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melalui Polres memberangkatkan 183 jiwa kelompok eks Gafatar ke Pontianak menggunakan 4 unit bus, di hari kedua pada Sabtu 23 Januari 2016 memberangkatkan 36 jiwa dengan menggunakan 1 unit bus.

gm1Kemudian ditahap ke 3 pada Sabtu 23 januari 2015, Pemkab memberangkatkan 240 jiwa dari Polres Melawi menggunakan 6 bus, dan ditahap ke 4, ada 342 jiwa dengan menggunakan 9 unit bus, Minggu 24 Januari 2016.

Sekda Pemkab Melawi, Ivo Titus Mulyono mengatakan, bahwa sebelum tahap 3 ini diberangkatkan, jumlah yang dievakuasi ke pendopo ada sebanyak 461 jiwa. Sementara masih ada lagi 21 jiwa dilokasi kecamatan Ella Hilir, yang masih mengurus harta bendanya.

“ Yang diberangkatkan ini 342 untuk mencukupi 9 bus aja dulu. Sisanya masih menunggu keberangkatan berikutnya, sebab bus tidak ada lagi, hanya ada 9 unit ini saja,” katanya saat ditemui di lokasi pengungsian sementara yakni di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Minggu (24/1).

Sebelum diberangkatkan sebanyak 461 jiwa warga eks Gafatar harus mengungsi di pendopo untuk menunggu keberangkatan. Sementara setelah diberangkatkan, sisanya juga masih harus menunggu keberangkatan berikutnya, sambil menunggu 21 orang yang masih bera di lokasi. “Sisanya kemungkinan besok, sebab sudah tidak ada bus lagi yang bisa digunakan. Sambil menunggu kedatangan 21 orang yang berada di lokasi Kecamatan Ella Hilir yang masih mengurus harta bendanya disana,” ucapnya.

Anehnya, jumlah jiwa kelompok eks Gafatar yang berada di Melawi pada saat dievakuasi semakin bertambah. Bahkan dalam proses evakuasi ke Pontianak, masih saja ada yang ditemukan di dalam kota. “Ini katanya ada lagi 9 orang yang berada Desa diTanjung Lay,” ucapnya.

Terkait evakuasi yang dilakukan pihak Pemkab Melawi, rata-rata kelompok eks Gafatar mengakui pasrah dan menerima saat pemerintah memutuskan melakukan evakuasi./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *