Produksi Sampah Meninggi Warga Diminta Bijak

Bengkayang – Saat ini, produksi sampah di Kota Bengkayang dan sekitarnya diperkirakan sebanyak 5 sampai 6 ton/hari. Warga diharapkan agar lebih bijak dalam mengelola sampah.

“Paling banyak sampah diproduksi oleh Rumah Tangga,” ungkap salah seorang petugas kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Silverius Nero Silvero, Jumat (8/2/2019) di Bengkayang. Sementara untuk Tempat Penampungan Sementara (TPS), paling banyak berada di jalan Namqiu dan Jalan Susteran dari enam TPS besar yang ada.

“Biasanya hari Senin produksi sampah cukup tinggi,” jelas Vero.

Guna memudahkan para pasukan orange melakukan pembersihan, pemilik akun facebook Bang Veyo ini menyarankan agar warga tidak membuang sampah sembarangan dan mengelola sampah dengan baik. Salah satunya adalah dengan memilah sampah organik dan anorganik kemudian dikemas. Waktu pembuangan sampah juga harus diperhatikan.

“Akibat tidak teraturnya pembuangan sampah, TPS yang sudah dibersihkan dalam jangka wakty beberapa jam terisi kembali,” keluhnya.

Disebutkannya, saat ini pasukan orange yang beroperasi di Kota Bengkayang sebanyak 50 orang dengan jumlah armada 5 buah (3 dumptruk, 2 penarik bak). Selain mengurusi masalah sampah, pasukan orange ini juga melakukan tugas kebersihan lainnya seperti penebasan, menyapu fasilitas umum, pembersihan taman dan lainnya.

Antoni


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *