Pramuka Akan Terus Promosikan Pariwisata dan Produk Lokal di Media Sosial

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JAKARTA-Hampir setiap anggota Pramuka punya media sosial, bahkan banyak yang punya lebih dari dua. Ini terungkap dalam materi media sosial dalam JOTA (Jambore On The Air) Ke 77, dan Jambore On The Internet (JOTI) Ke 35 tingkat nasional, di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta.

“Siapa yang pernah mempromosikan pariwisata Indonesia di media sosial?”, tanya Hariqo Wibawa Satria yang menjadi narasumber materi media sosial pada Sabtu sore tadi (22/08/15). Tak dikira sebelumnya, cukup banyak peserta Jota Joti yang mengangkat tangan. Arif, seorang peserta mengaku kalau mempromosikan pariwisata Indonesia di medsos bukan hal yang susah. “apa susahnya, tinggal posting doang”, jawabnya lepas.

Sebelumnya dalam banyak kesempatan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault terus menghimbau agar media sosial digunakan oleh anggota Pramuka untuk mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia. Dalam kesempatan itu, peserta juga mempraktekkan langsung cara membuat konten video sederhana untuk medsos. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan di media sosial juga disampaikan. ” Apa yg dilarang di dunia nyata, juga tidak boleh di dunia maya”, jelas Hariqo Wibawa Satria.

Ketua Panitia Kegiatan, Rizky Dwi Ananda menjelaskan kegiatan ini diikuti 400 anggota Pramuka Penggalang, Penegak , Pandega dan Pembina se wilayah Jabodetabek,  “Jumlah itu belum termasuk yang di daerah, JOTA perdana kemarin dilakukan dengan anggota Pramuka di Sulawesi Utara dan JOTI dengan anggota Pramuka di Sumatera Selatan, kita semua terkoneksi”, jelas Rizky yang juga aktif di Dewan Kerja Nasional (DKN) ini.

Secara resmi Jota Joti ini sudah dibuka kemarin oleh Lusia Adinda Lebu Raya, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Kominfo, dan dilanjutkan dengan materi Morse Dengan Gadget” oleh Onno W Purbo (Pakar Teknologi Informasi)

Banyak lagi kegiatan dalam Jota Joti ini seperti fox hunting, komunikasi radio amatir, simulasi kegiatan menggunakan HT, chatting, video call, call discuss via teamspeak, seminar membangun komunikasi dalam keadaan darurat. Jota Joti akan ditutup secara besok Minggu sore pukul 15.00 di di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta./hws/PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *