Prajurit Bintara dan Tantama Lantamal XII Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi

POSTKOTAPONTIANAK.COM

            ( PONTIANAK, Senin 02 Oktober 2017,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Pontianak melaksanakan upacara kenaikan pangkat Bintara dan Tamtama yang dipimpin oleh Komandan Detasemen Markas Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Dandenma Lantamal) XII Letkol Laut (PM) Nurul Fatta Lubis di Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak.

Bintara dan Tamtama adalah merupakan tulang punggung dan ujung tombak kesatuan yang memiliki peran penting dalam mengemban tugas, demikian dikatakan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Letkol Laut (PM) Nurul Fattah Lubis pada upacara laporan kenaikan pangkat.

Dengan tercapainya kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi ini, agar meningkatkan terus kerja sama  diantara Perwira, Bintara dan Tamtama sehingga dapat tercipta keharmonisan di lingkungan kerja Koarmabar khususnya dan TNI AL pada umumnya, ujar Dandenma Koarmabar. Setelah dilaksanakan upacara laporan kenaikan pangkat diteruskan dengan upacara tradisi TNI AL mandi kembang bagi yang naik pangkat dari Kelasi kepala menjadi Kopral Dua yang diawali dengan penyiraman air kembang oleh Wadan Lantamal XII, ritual ini merupakan ciri khas yang senantiasa mewarnai upacara kenaikan pangkat bagi para Tamtama di lingkungan TNI AL umumnya, guna meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara.

            Kenaikan pangkat untuk anggota militer dilakukan 2 periode setiap tahunnya, yakni kala waktu 1april dan 1 oktober, kenaikan pangkat tidak dengan serta merta diberikan, namun harus melalui proses yang panjang, meliputi penilaian konduite, kesemaptaan dan pemeriksaan kesehatan serta security clereance yang diputuskan dalam rapat dewan kenaikan pangkat(wankenkat), sehingga kenaikan pangkat adalah bentuk penghargaan negara yang diberikan atas prestasi, dedikasi dan loyalitas serta pengabdian yang setulus-tulusnya kepada bangsa dan negara.

Adapun Bintara dan Tamtama yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat awal terdiri dari 4 Prajurit Bintara dan 11 Prajurit Tamtama.// Foto Dok Dispen Lantamal //.

Kadispen Lantamal XII Pontianak.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *