Pradi Hadir di Cooling System Pilkada 2020 dan Pencegahan COVID-19

PKP ! KOTA DEPOK — Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, menghadiri kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan dalam rangka Cooling System Pilkada 2020 dan Pencegahan Covid-19 Sabtu (25/07/20), di Polres Metro Depok.

“Saya terus mengingatkan kepada warga Depok untuk menaati protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker saat beraktivitas di tempat umum. Jadi, sudah saatnya, kesadaran memakai masker ini harus ditingkatkan demi menjaga keselamatan bersama. Kemudian, agar tidak menjadi beban saat menggunakan masker. Mari kita jadikan bermasker sebagai budaya atau tren kekinian,” imbuh Pradi.

Menurutnya, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) secara terus menerus mengingatkan warganya untuk bermasker. Bukan hanya melalui edukasi, namun kali ini dengan disertai sanksi.

“Jadi, dengan ajakan terkait jaga jarak, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bahkan menggunakan masker (kain) saat keluar rumah, sudah kita lakukan sejak lama. Sekarang kami tingkatkan dengan sanksi terhadap masyarakat yang tidak bermasker,” tutur Pradi.

Pradi juga menyampaikan terima kasih kepada kepolisian khususnya Satgas Nusantara yang memberikan bantuan bagi warga Depok yang terdampak Covid-19. Bukan hanya sembako, namun juga dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pembagian hand sanitizer.

“Artinya, dengan bantuan sembako dan lainnya dari Polri tentu sangat membantu kami, khususnya warga terdampak. Apalagi kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ucap orang nomer dua di Kota Depok itu.

Ditempat yang sama, Direktur Pembinaan dan Ketertiban Masyarakat (Dirbintibmas) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Brigjen Pol Tajuddin menjelaskan, bahwa kegiatan ini secara umum menyasar warga Depok yang terdampak Covid-19. Adapun untuk Swab PCR, diperuntukkan bagi mereka yang memiliki hasil reaktif setelah dilakukan pemeriksaan Rapid Test.

“Kegiatan bakti sosial dan kesehatan ini, sebagai upaya kami berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan. Salah satunya membudayakan bermasker,” ujar Tajuddin, Sabtu (25/07/20), di Mapolres Metro Depok.

Tajuddin juga menyebutkan, bahwa pihaknya tidak hanya memberikan edukasi, namun juga dibarengi dengan mengadakan bakti sosial (baksos) dan pemeriksaan kesehatan bagi ribuan warga Depok.

“Jadi dalam bantuan ini, berupa paket sembako diberikan kepada sekitar 2.000 warga Depok. Adapun Rapid Test diikuti oleh 1.000 orang, sedangkan yang dikhitan ada 32 anak,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Azis Andriansyah membenarkan, bahwa dalam bantuan yang diberikan Satgas Nusantara tersebut memang dikhususkan bagi daerah-daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun di luar ini pun, sambungnya, Polri juga terus memberikan bantuan demi meringankan kondisi perekonomian warga terdampak.

“Artinya, hal ini jangan sampai karena pandemi ini jadi menambah keresahan atau mengganggu ketertiban. Diharapkan Pilkada dapat dilaksanakan dengan baik, sekaligus beban kebutuhan pokok warga terdampak pun dapat diringankan melalui bantuan-bantuan seperti ini,” ujar Azis.

Azis menuturkan, agar tidak terlalu menumpuk, pihaknya sudah membuatkan jadwal pengambilan. Masing-masing kecamatan diberikan alokasi waktu yang berbeda.

“Selain itu, kami juga membagikan puluhan hand sanitizer dan vitamin, sebagai upaya menjaga kesehatan diri,” tuturnya.

FALDI


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *