Pradi: Antisipasi Kawasan Padat dan Kumuh, Prioritaskan Hunian Vertikal

KOTA DEPOK- Pertumbuhan infrastruktur permukiman di Kota Depok, dalam dua dasawarsa ini terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Sebab,
dikhawatirkan akan menjadi kawasan yang padat dan “kumuh” bila tidak diimbangi dengan penataan yang komprehensif.

“Untuk itu, Pemerintah Kota Depok, akan mengubah visi perencanaan pembangunan yang sudah berjalan. Hunian vertikal dan perbaikan infrastruktur menjadi prioritas,” ujar Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Selasa (11/6), di Balaikota.

Menurutnya, bahwa pembangunan kawasan permukiman yang berlangsung secara umum masih parsial dalam kawasan-kawasan kecil dalam kisaran empat ribuan meter belasan rumah saja.

“Artinya, kita perlu segera dilakukan penataan kota yang visioner dan revisioner,” tutur Pradi.

Dia menjelaskan, bahwa Pemkot juga akan merevisi master plan kota dengan blue print dengan mengajak pengembang swasta untuk membangun kawasan permukiman mandiri yang komprehensif dan terintegrasi dengan master plan Kota Depok.

“Artinya, permukiman vertikal jadi alternatif utama yang sesuai untuk masa depan dengan pertubuhan penduduk mendapai 3,6 persen per tahun,” jelas Pradi.

Pradi menambahkan, bahwa kita juga ingin pembangunan secara komprehensif yang terintegrasi dengan blue print pemerintah, sehingga terintegrasi dengan fasilatas umum.

“Jadi, seperti di beberapa kawasan yang telah diproyeksikan untuk menjadi kawasan permukiman baru seperti di Harjamukti, Kukusan, dan Bojongsari,” pungkas orang nomor dua di Kota Depok itu.

FALDI


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *