POS TNI ANGKATAN LAUT EVAKUASI SISWA/I SMPN 1 PEMANGKAT JARAK 2.8 MIL JALUR SUNGAI SAMBAS

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Pontianak ),  19 Oktober 2017,- Belum semua daerah di Indonesia memiliki jembatan/transportasi sungai untuk menyeberangi sungai. Di sejumlah daerah, masyarakat setempat harus berjuang keras ketika hendak bepergian atau berangkat sekolah.

Untuk menyeberangi Sungai Sambas  yang jaraknya 2,8  mil, Komandan Pos TNI Angkatan Laut Pemangkat beserta Anggotanya menggunakan Kapal Patroli TNI Angkatan Laut., membantu para Siswa-siswi SMPN I untuk melaksanakan kewajiban bersekolah dalam mencari ilmu. Tanpa mengeluh sedikit pun, Komandan POS TNI AL beserta anggota sudah menjalankan tugas ini setiap hari terkecuali hari libur sekolah. Ada goresan senyum bahagia ketika dia melihat anak-anak terakhir sudah diseberangkan.

Tugas Pos TNI AL bukan saja mengamati wilayah perairan melainkan mengetahui masalah yang ada di masyarakat, juga mencari solusi agar bisa terpecahkan. Setidaknya ada lima hingga enam siswa-siswi yang bergantian menyeberang dari Desa sungai pasir dusun Kalangbau Kecamatan Jawai  Ke SMPN I  Kecamatan Pemangkat dengan jarak tempuh 2.8 MIL, Keterbatasan Alat Transportasi / Kapal sungai Sambas menjadi penyebab mereka harus bergantian diseberangkan.

Menurut Komandan Pos TNI AL Pemangkat, kendala anak-anak SMPN I tidak bisa berangkat menyeberangi sungai sambas itu di karenakan kapal masyarakat yg biasa di tumpangi ada kerusakan tehnis, kapal patroli yg menjadikan Komandan Posal serta anggotanya  turun tangan membantu menyeberangkan anak-anak sekolah.

Keterbatasan Transportasi Kapal  di sungai sambas memang harus segera mendapat  perhatian berbagi pihak diharapkan juga menyentuh tokoh masyarakat atau yang berwenang.di wilayah Sambas.agar kendala dan permasalahan anak2 sekolah segera teratasi./*

 Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *