Polresta Pontianak Kota Gelar Apel Kekuatan Guna Antisipasi Gangguan Kamtibmas di SPN Polda Kalbar

( Foto dok Humas )

PONTIANAK KALBAR, – Selain memberikan pelayanan berupa pengayoman terhadap masyarakat, seperti yang diketahui ketika memasuki penghujung tahun maka akan lebih baik jika para personil Polresta Pontianak Kota untuk mempersiapkan diri secara matang dan membuat antisipasi yang terencana serta tersusun sedemikian rupa untuk mencegah berbagai kemungkinan mengenai prediksi ancaman dan gangguan yang akan terjadi dimasa mendatang.

Tepatnya pada Jumat pagi (22/10), telah dilaksanakan Apel Gelar Kekuatan dalam rangka antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polresta Pontianak Kota yang berlangsung di SPN Polda Kalbar, Jalan Subarkah, Pontianak Selatan.

Pelaksanaan kegiatan Apel Gelar Kekuatan tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan Kamtibmas yang sejatinya diharapkan dapat diatasi antara lain seperti ancaman terorisme dan radikalisme, sabotase, penyalahgunaan narkoba, miras, aksi perusakan fasilitas umum, serta aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok, balap liar dan juga masalah seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan konflik sosial maupun SARA.

 

Beri Rasa Aman Pada Masyarakat Personil Polsek Ponbar Atur Lalin

 

Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan agar dapat membuat pengamanan yang lebih ekstra oleh para personil Polresta Pontianak Kota dari prediksi bencana alam seperti angin puting beliung dan banjir sebagai dampak dari curah hujan tinggi serta antisipasi terhadap peningkatan kasus covid-19 yang diprediksi akan memasuki gelombang ketiga pada akhir tahun.

Dalam memenuhi rencana guna mengantisipasi dan pencegahan terhadap ancaman dan gangguan Kamtibmas tersebut, kegiatan Apel Gelar Kekuatan oleh Polresta Pontianak Kota direalisasikan dengan melaksanakan simulasi penanganan unjuk rasa secara humanis.

Pada kesempatan itu, Kapolresta Pontianak Kota, Kombes. Pol. Andi Herindra S.I.K., dalam amanatnya menyebutkan bahwa tujuan dan kegiatan apel yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui dan memastikan seberapa jauh kesiapan para personil Polresta Pontianak Kota, sarana prasarana dan peralatan yang akan digunakan dalam melaksanakan tugas apabila dilakukan secara tiba-tiba.

“Pada hari ini kita melaksanakan Apel Gelar Kekuatan dimasa pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk mengetahui dan memastikan kesiapan personil dalam pelaksanaan tugas apabila digerakkan secara tiba-tiba dan untuk menunjukan kesiapan personil Polresta Pontianak Kota. Dengan begitu, masyarakat akan merasa aman, nyaman, dan terayomi.”, ungkapnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Kapolresta Pontianak Kota, Kombes. Pol. Andi Herindra, S.I.K., didampingi Wakapolresta Pontianak Kota AKBP. N. B. Darma S.I.K., M.H., melaksanakan pengecekan pasukan, sarana prasarana penunjang dalam penanganan unjuk rasa. Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi unjuk rasa secara humanis oleh personel Polresta Pontianak Kota.

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Apel Gelar Kekuatan ini agar para personil dapat meningkatkan kesiapan diri terlebih dimasa pandemi Covid-19 serta dapat merawat juga melakukan pemeliharaan secara berkala terhadap sarana prasarana yang diberikan dan dapat mempergunakan dengan baik serta bertanggungjawab untuk menunjang tugas-tugas di lapangan guna memberikan pelayanan terbaik secara maksimal kepada masyarakat. [SYF]


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *