Polres Mempawah dan Warga Desa Antibar Bangunan Pendopo Desa Mandiri Tangguh

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – – Guna menjadikan Desa Antibar sebagai Desa Percontohan telah dilaksanakan pembersihan lokasi untuk pembangunan Pendopo Desa Mandiri dalam rangka persiapan menuju Desa Mandiri “Kampong Lihai Antibar” berada di jalan Adiwijaya Rt.004/Rw.002, Dusun Pendidikan Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur. Minggu (14/06/2020).

Kegiatan pembangunan Pendopo Desa Mandiri, sebagai wadah Pencegahan penyebaran wabah covid-19, dalam bentuk Ketahanan lingkungan, Ketahanan pangan, Ketahanan ekonomi, Ketahanan sosial, Membangun rasa kebersamaan dan gotong royong, Membangun bersama kearifan lokal, Membangun bersama keamanan dan ketertiban, dan Membangun bersama pendidikan.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, yang usai berolahraga sepeda, ikut terjun langsung membersihkan lahan Pendopo Desa Mandiri, Tangguh dan Lihai di Desa Antibar.

Waka.Polres Mempawah Kompol JOVAN REAGAN SUMUAL, SH, S.IK, MH., Polres Mempawah mengapresiasi kreatifitas elemen masyarakat dan aparatur Desa Antibar yang berencana membangun Pendopo Desa Mandiri, Tangguh dan Lihai di jalur pintu masuk desa.

“Adanya pendopo sebagai gambaran miniatur seluruh potensi desa ini, semoga dapat memotivitasi warga Desa Antibar guna menciptakan desa yang mandiri, tangguh dan lihai di berbagai aspek, sekaligus memperkenalkan potensi desa bagi masyarakat luar,” ujarnya.

Pendopo ini, tambah Jovan, merupakan pilot project yang diharapkan bisa ditiru oleh desa-desa lainnya, tidak hanya di Kabupaten Mempawah, tapi juga di Kalimantan Barat. Untuk itu, Polres Mempawah dan Polsek Mempawah Timur siap melakukan pendampingan.

Kepala Desa Antibar, Julkarnaidi, menjelaskan, pendopo desa ini merupakan upaya elemen masyarakat, aparatur desa bersama Polres Mempawah untuk menciptakan pusat kegiatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, ketahanan lingkungan, ketahanan pangan, ketahanan ekonomi dan ketahanan sosial.

“Selain itu, pendopo ini juga sebagai wadah bagi masyarakat Desa Antibar yang lihai dalam membangun kebersamaan dan gotong royong, lihai membangun kearifan lokal, lihai membangun pendidikan dan ketertiban, serta lihai membangun bersama dalam pendidikan,” ungkap Julkarnaidi.

Desa Antibar sendiri memiliki lima jalur masuk yang berbatasan dengan desa lain. Namun untuk saat ini, Julkarnaidi mengungkapkan, pihaknya terlebih dahulu akan membangun dua pendopo. Dan sebagai miniatur potensi desa, di pendopo nantinya akan ditampilkan seluruh hasil pertanian, perkebunan dan potensi-potensi lainnya.

Dalam kesempatan, Julkarnaidi mewakili seluruh elemen masyarakat dan aparatur desa menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Mempawah, AKPB Tulus Sinaga, Wakapolres Kompol Jovan Reagan Sumual beserta jajaran dan anggota Polres Mempawah dan Polsek Mempawah Timur yang turun langsung bersama masyarakat untuk membersihkan lahan pendopo.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *