Politisi PKP Indonesia Ajak Masyarakat Tidak Telantarkan Lahan

WWW.POSTKOTAPONTIANAK.COM

SINTANG -Lahan masyarakat yang ada jangan dibiarkan terlantar dan tidak menghasilkan, ujar anggota DPRD Sintang Liyus kepada LMB Grup, ia berpesan kepada masyarakat agar jangan sampai ada lahan pertanian tidak terurus dan menjadi lahan tidur serta meminta agar menggarapnya demi meningkatkan kesejahteraan hal tersebut disampaikannya kepada media ini  18 Oktober 2019.

Ia berharap, jadi yang punya lahan pertanian sebaiknya jangan sampai ada lahan yang dimiliki tidak digarap itu rugi besar, kita itu menjadi kebiasaan kurang pedulinya terhadap lahan yang telah dimiliki dan ini dapat menghindari terjadinya perebutan lahan gara-gara lahan tersebut tidak digarap sehingga banyak yang mengklaimnya, dapat memicu kekacauan.

Ia mengapresiasi kerja nyata yakni selama ini BPN Sintang telah bekerjasama dengan Pemerintah untuk menjalani reformasi agraria guna menindaklanjuti apa yang sudah menjadi tanggung jawab, segera ditindaklanjuti sebab sudah cukup maksimal dalam bekerja keras tahun ini.

Ia berharap, kepada masyarakat untuk lahan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk lahan perkebunan maupun pertanian karena bagi nya apa artinya jika memiliki lahan namun tidak digarap.

 Jadi kalau memiliki lahan namun tidak digarap tentu tidak akan ada artinya sementara itu Iya terima kasih kepada Pemerintah daerah karena berkat adanya bantuan dari pemerintah daerah sehingga saat ini banyak lahan-lahan warga yang sudah diukur dan akan diterbitkan sertifikat,katanya.

Diakuinya, tentu yang menjadi kendala Pemerintah dan BPN dalam hal ini, karena Sintang banyak dalam lingkaran Hutan Lindung dan Hutan Pruduksi Terbatas serta kawasan yang yang dilindungi,sementara masih banyak lahan warga yang ada juga masuk dikawasan tersebut,katanya.

sementara itu untuk mengatasi batas wilayah yang berbatasan dengan hutan lindung diakui dia tentu juga masuk dalam kendala mereka sebab jika ada dalam mengukur dan masuk ke dalam kawasan hutan,ini harus sangat teliti,pesannya.(Martin)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *