Polda Kalbar Hadir di Pelabuhan Internasional Bentuk Sinergitas Kebersamaan Dengan BUMN

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – -Hadirnya orang nomor satu Kepolisian Daerah Kalimantan Barat di Pelabuhan Internasional Sungai Kunyit Mempawah ini sebagai bentuk sinergitas antara Polri dan Pihak BUMN.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, pukul 10.10 wib tiba di kantor PT. Wika menggunakan kuda besi miliknya, karena selama ini cuma memandang dari atas melalui Helikopter saat melintasi pembangunan pelabuhan internasional pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. Kamis (16/07/2020).

Tiba Kapolda di Kantor PT. Wika langsung disambut oleh Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga, Kapolsek Sungai Kunyit Iptu Joni, Danramil Sungai Kunyit Kapten Irman Herniman, Kades Sungai Kunyit Laut Suhaimi, MK PT. Wijaya Karya (Persero)Tbk, Henky, Head Of Project Kijing, Joko Santoso, dan Pelaksana Harian PT. Pelindo II Pontianak, Mustafa.

Dalam kunjungannya, orang nomor satu di Polda Kalbar ini akan melihat langsung pembangunan pelabuhan internasional ini. Dan juga peran serta Polres Mempawah dalam bidang pengamanan dari segi pendampingan dan pengawalan agar pembangunan pelabuhan ini agar terlaksana segera mungkin.

“Kehadiran ini merupakan kali pertama saat menjabat, terima kasih kepada Kapolres Mempawah dan Pihak PT. Wika atas sambutan yang sangat memuaskan ditengah wabah pandemi covid 19 ini, walaupun dalam penerapan protokol kesehatan tak luput dilakukan oleh pihak pengembang,” ucap Kapolda Kalbar.

“Sebelumnya sudah direncanakan akan hadir di pelabuhan ini, tapi sebelumnya melakukan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Gubernur kalbar, sebagai kepala wilayah di kalbar ini,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut dikatakan maksud dan tujuan utama dari kedatangan ini ada 2 hal, yaitu pertama dalam rangka pengamaan yang sinergitas antara polda kalbar melalui Polres Mempawah pelaksana dilapangan dengan pihak pengembang khususnya PT. Wika, terkait perubahan nama nantinya yang akan berubah menjadi Pelabuhan Tanjungpura, hal itu juga sudah dibahas saat pertemuan dengan Gubernur, memang ada araha kedepannya nama pelabuhan ini nanti akan berubah nama menjadi Pelabuhan Tanjungpura. Kepada polres Mempawah sejak dini bisa mensosialisasikan atas perubahan nama ini, dengan terbiasa pemanggilan nama tersebut menjadi berangsur-angsur warga khususnya di kecamatan sungai kunyit menjadi terbiasa.

Lanjutnya, untuk kedua yang jadi maksud dan tujuan utama adalah melihat kemajuan dari pembangunan pelabuhan ini, tak luput juga penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh pihak PT. Wika, sebab saat sekarang masih melakukan pencegahan dan penangan covid 19 ini.

“Ada 2 hal maksud dan tujuan kedatangan ini dalam sinergitas sebagai bentuk pengamanan dari polri kepada pembangunan pelabuhan ini, yaitu pertama tentang perubahan nama yang nantinya berubah menjadi Pelabuhan Tanjungpura, dan yang kedua melihat perkembangan kemajuan pembangunan pelabuhan ini dan juga penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh perusahaan,” ucap Kapolda Kalbar.

Cukup penegasan yang disampaikan oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, dalam pertemuan di Aula PT. Wika, setelah itu dilanjutkan oleh Plh. Head Project PT. Pelindo Joko Santoso bersama Chip Manager Hengky menjabarkan progres pembangunan pelabuhan.

Bertempat di Aula PT. Wika, paparan progres pembangunan disampaikan oleh Plh. Head Project PT. Pelindo Joko Santoso, dan secara bergantian dengan Chiep Manager PT. Wika Hengky, proyek pembangunan pelabuhan ini terbagi atas tiga tahap yaitu trestel, dermaga dan lapangan terumbukan, selain itu juga hambatan dalam pembangunan juga diutarakan tentang Tenaga kerja tempatan yang diutamakan terkecuali ada pekerjaan yang prinsipal harus menggunakan tenaga kerja asing dari Malaysia dan Cina, hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan akan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal. Selain itu disampaikan juga terdampak covid 19 karena salah seorang pekerja di PT. Wika Reaktip Covod 19 sehingga harus diisolasi.

Usai menggelar pertemuan, Kapolda Sigid dan rombongan kemudian meninjau lokasi trestel yang didampingi jajaran manajemen PT. Pelindo II dan PT. Wijaya Karya.

Usai kegiatan kunjungan Kapolda kalbar, diwaktu terpisah menghampiri pihak PPI perwakilan dari PT. Pelindo Joko Santoso katakan pihak PT Pelindo sangat mengapresiasi sekali atas kunjungan Kapolda Kalbar, dengan kunjungan ini akan mensuport dan menambah gairah etos kerja dimana Kapolda Kalbar datang dengan agenda yang akan membantu full terhadap proyek strategis pelabuhan nasional, ini menjadikan amunisi baru dan semangat baru buat kami sebagai pelaksana project.

“Semoga dengan kunjungan dari kapolda Kalbar bisa terjalin antara PT. Pelindo dengan pihak kepolisian terutama dari bantuan pihak Polda Kalbar dan Polres Mempawah, jalinan ini akan berjalan terus karena ke depan kita juga akan ada langkah berikutnya yaitu relokasi jalan nasional, kami juga perlu dukungan full suport dari pihak kepolisian terutama dari Polda Kalbar dan Polres mempawah,” harap Joko Santoso.(Guns).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *