PMM UMM Kelompok 11 Gelombang 1 Mengadakan Bimbingan Belajar Kepada Anak-Anak Dusun SekarPutih Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19



MAHASISWA  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 11 gelombang 1 tahun 2022 mengadakan bimbingan belajar kepada anak-anak Dusun Sekarputih untuk meningkatkan kualitas pendidikan dimasa pandemi Covid-19.

Melalui koordinator PMM kelompok 11 gelombang 1, Dian Tri Hariyanto menjelaskan bahwa saat ini dengan adanya peningkatan penularan virus Covid-19 yang mulai naik kembali ditambah munculnya varian baru pada virus Covid-19 yaitu omicron menyebabkan sekolah yang awalnya sudah banyak melakukan pertemuan secara langsung atau luring (luar jaringan) diubah kembali menjadi sistem online atau daring (dalam jaringan).

“Perubahan sistem yang terjadi ini menyebabkan dampak negatif bagi pendidikan atau ilmu yang diterima oleh anak-anak. Anak-anak merasa ilmu yang dijelaskan secara daring lebih susah untuk diterima dibandingkan dengan pada saat luring. Anak-anak juga menjadi lebih jenuh untuk belajar dirumah dan lebih memilih untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi mereka seperti bermain dan lain sebagainya daripada harus dirumah untuk menangkap pembelajaran secara daring,” katanya kepada Postkotapontianak, melalui pesan WhatsApp, Rabu (9/3/2022).

Dirinya mengungkapan, PMM kelompok 11 gelombang 1 melakukan pengabdian terhadap masyarakat yang berada di RT 34/ RW 08 Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.
“Kegiatan positif yang kami berikan meliputi pendampingan belajar kepada anak-anak Dusun Sekarputih dalam hal kegiatan belajar, dimana kami membantu mengerjakan tugas sekolah yang dianggap susah oleh anak-anak.

 

 

Selain itu kami juga membantu menjelaskan kembali jika ada materi yang mungkin kurang dipahami oleh anak-anak pada saat menerima ilmu atau pembelajaran secara daring,” terangnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh PMM kelompok 11 gelombang 1 dalam hal kegiatan pendampingan belajar sangat didukung oleh orang tua dari anak-anak yang ada di Dusun Sekarputih RT 34/RW 08. Kegiatan pendampingan yang dilakukan PMM kelompok 11 gelombang 1 diadakan di teras rumah warga sekitar dan diikuti oleh kurang lebih 15 anak yang terdiri dari anak kelas 3 SD sampai 6 SD.

“Kegiatan pendampingan belajar kepada anak-anak yang kami lakukan ternyata mendapat apresiasi yang besar dari orang tua serta anak-anak Dusun Sekarputih. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak-anak yang hadir serta mereka merasa bersemangat karena dalam kegiatan pendampingan belajar mereka dapat bertemu dan melaksanakan pembelajaran bersama kami dan teman-teman mereka,” tukasnya./*

Moch Rifqi TP Fak. Ekbis Muhammdyah Malang

Member Of Dewan Pers

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.