Pilkada Melawi Partisipasi Masyarakat Gunakan Hak Pilih Cukup Tinggi

Reporter : Frans Somil

Julita.SH Ketua KPU Melawi. fpto :  fran
Julita.SH Ketua KPU Melawi. /f0to : fran

MELAWI ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Melawi tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi. Bahkan melebihi target pihak KPU Melawi.

“Kita menargetkan partisipasi pemilihan ini hanya berjumlah 80 persen saja, tapi yang terealisasi mencapai 84 persen. Kita sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPU Melawi Julita ditemui “Postkotapontianak.com” usai Pleno tebuka pengumuman hasil pemenang pilkada Melawi di pendopo rumah jabatan Bupati.

Lebih lanjut Julita menambahkan, tingginya partisipasi pemilih tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat, dan lebih khusus dukungan pihak media, baik elektronik maupun media cetak, yang mana sejak awal tahapan Pilkada hingga pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara telah mensosialisasikannya.

“ Terima kasih kepada media cetak dan media elektronik yang sudah membantu mensosialisasikan Pilkada Melawi, sehingga partisipasi pemilih bisa melebihi target kita. Ini membuktikan kesadaran masyarakat dalam memilih cukup tinggi,” ujarnya.

Julita, surat suara sah pada saat pleno yakni 133.442, kemudian surat suara tidak sah sebanyak 2.588, totalnya sebanyak 136.030. kemudian jumlah pemilih disabilitas atau penyandang cacat sebanyak 56 namun yang menggunakan hak pilihnya 51. “Itu artinyakan sudah sangat menyadari betapa pentingnya menggunakan hak suara,” ucapnya.

Julita menambahkan, pelaksanaan Pilkada yang berjalan lancar tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan pihak keamanan. Tanpa dukungan pelaksanaan Pilkada tidak akan semulus ini, ini membuktikan pelaksanaan Pilkada Melawi sukses.

“ Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memfasilitasi kami dalam menyelenggarakan pelaksanaan Pilkada, kepada pihak keamanan juga kami ucapkan terima kasih. Begitu juga kepada Panwas sebagai mitra kami yang melakukan pengawasan,” pungkasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *