Pilkada Depok 2015

Ketua KPUD : Calon Independen Tak Penuhi Persyaratan 

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! DEPOK-Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok, Titik Nurhayati mengungkapkan, bahwa Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) Depok 2015 yang akan di gelar 9 Desember 2015, di pastikan tidak diikuti

Ketua KPUD Kota Depok, Titik Nurhayati (Ist)
Ketua KPUD Kota Depok, Titik Nurhayati (Ist)

oleh calon perseorangan atau calon independen. Dengan persyarat pasangan calon independen berupa dukungan yang dibuktikan dengan KTP dan surat pernyataan dukungan sebanyak minimal 106.152 KTP.  Bahkan saat dibuka pendaftaran selama lima hari mulai 11 Juni hingga 15 Juni, 2015,  dianggap tidak ada satupun pasangan calon yang memenuhi syarat dan menyerahkan syarat dukungan tersebut.

“Maka dari itu, pihak KPU memastikan bahwa Pilkada Depok 2015 yang segera digelar Desember 2015 tidak akan diikuti oleh pasangan calon dari independen,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (16/5/2015), di ruang kerjanya.

Menurut Titik, berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, penerimaan syarat berkas dukungan bagi calon independen dibatasi hingga 15 Juni sekira pukul 16.00 WIB. Artinya hingga pukul 16.00 WIB Senin (15/5/2015),  tak ada satupun pasangan calon dari independen yang mendaftar.

“Jadi hingga waktu yang ditentukan atau batas jam yang ditetapkan, tidak ada satu pun pasangan calon independen yang menyerahkan berkas dukungannya ke kami sesuai syarat yang sudah ditetepakan, yakni 106.152 KTP warga pendukung dan beserta dengan surat pernyataannya,” tuturnya.

Titik menambahkan, padahal pada Senin atau tepatnya pada hari terakhir dibukanya penerimaan syarat dukungan pasangan calon independen, terdapat satu pasangan calon independen beserta tim suksesnya yakni Ibrahim Kadir Tuasamu (IKT)-Johanes Karundeng (JK) yang sempat datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, untuk menyerahkan daftar dukungan.

“Namun sayangnya berkas daftar dukungan IKT sendiri baru tiba dan terkumpul dari batas minimal yakni 106.152 KTP, namun waktunya lewat 45 menit dari pukul 16.00,” ujarnya.

Titik menjelaskan, akibat keterlambatan menyerahkan berkas dukungan IKT dan JK, sudah barang tentu sesuai dengan peraturan. Maka pihak KPUD menolaknya, sebab sudah menutup berkas penerimaan syarat calon independen.

“Artinya, pihak KPUD Depok memutuskan bahwa Pilkada Depok 9 Desember mendatang tak ada pasangan calon dari independen,” jelasnya./Faldi/Sudrajat


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *