Petani Keluhkan Tikus dan Ulat Serang Tanaman Padi

Reporter : Mus Mussin

Tikus & ulat serang tanaman padi./ mus
Tikus & ulat serang tanaman padi./ mus

SEKADAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Para petani di berbagai wilayah Kabupaten Sekadau mengeluhkan terhadap hama yang sering menyerang tanaman padi. Diketahui hama tikus dan ulat yang sejak awal musim tanam mulai mengganggu serta merusak padi yang baru saja ditanam.

Seperti yang dialami Reza (37), satu di antara petani asal Sungai Lawak kecamatan Nanga Taman kepada “Postkotapontianak.com” Ia mengatakan, lahan sawah miliknya baru saja ditanami padi beberapa pekan terakhir. Namun, hama tikus pun mulai menyerang seiring tumbuhnya padi.

Untuk masa sekarang memang tikus yang sering mengganggu. Selain tikus, ulat juga ada,” ucapnya kesal.

Belum lama ini, Ia juga mengatakan, serangan hama tikus cukup membuat petani kewalahan. Para petani harus ekstra ketat mengawasi tanamannya.

Masih menurut Reza, hama tikus relatif sulit diatasi. Meskipun saat ini mulai memasuki musim penghujan, namun populasi tikus tidak jauh berbeda dengan musim kemarau. “Jumlahnya pun lumayan banyak. Khawatir juga kalau tidak cermat bisa-bisa habis padi dimakan tikus,” tutur Reza.

Tikus sawah sebagian besar tinggal di persawahan dan lingkungan sekitar sawah. Hewan pengerat ini suka menggali liang untuk berlindung dan berkembang biak, membuat terowongan atau jalur di sepanjang pematang dan tanggul irigasi.

Selain tikus, para petani juga mengeluhkan hama ulat juga mulai mengganggu. Ulat berwarna kehijauan kerap ditemui pada tanaman padi.

Namun, petani sedikit terbantu dengan kehadiran hewan pemakan hama sejenis capung yang mereka sebut dengan predator.

“Untung ada predator yang bantu membasmi ulat. Tapi tetap saja harus sering dimonitor padinya. Kalau tidak bisa-bisa nanti hanya panen jerami saja,” tukasnya./ *


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *