Pers Merdeka Lepas Dari Intimidasi

Reporter : Devi Lahendra

PONTIANAK – POSTKOTAPONTIANAK.COM !! Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 menjadi momentum

Udin Subary MR./ dv
Udin Subary MR./ dv

kebebasan bagi wartawan untuk lebih merdeka dalam memberikan sajian berita kepada sidang pembaca, baik media elektronik, media cetak maupun media online.

Hari pers yang diperingati setiap tanggal 9 Pebruari mengakar pada hari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang ditetapkan pada masa orde baru dengan kepemimpinan PWI Pusat pada masa itu dipegang oleh Harmoko.

“Saya rasa sudah saatnya pers merdeka, lepas dari intimidasi serta lepas dari belenggu kekerasan yang mengurung kebebasan pers, ” ucap Pendiri Postkotapontianak Online, Udin Subari, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (9/2/16).

Menurut Udin, tema pers merdeka yang diusung Hari Pers Nasional tahun ini memberikan tantangan bagi wartawan untuk lebih cerdas dalam menyiarkan pemberitaan yang dikosnsumsi oleh masyarakat tanpa harus menimbulkan kontroversi namun berdasarkan fakta.

“Wartawan cerdas akan menyajikan berita yang berimbang, tanpa mengandung isu maupun berisikan kebohongan. Kunci menghasilkan berita yang baik harus berlandaskan pada kode etik jurnalistik, ” kata Udin.

Ditempat terpisah, Hendri wartawan Wartajurnalis.com mengatakan, ancaman yang selalu diterima wartawan secara tidak langsung telah memasung kebebasan pers yang selama ini digaungkan.

“Mungkin sudah saatnya dimomentum hari pers tahun ini, kita sepakat untuk mengecam kekerasan terhadap pers. Dan kita meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas siapapun yang melakukan kekerasan terhadap wartawan, ” tukas Hendri./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *