Perkemahan Antar Satuan Karya Nasional 2015

3000 Pramuka Lakukan Gerakan One Day No Rice 

pra-kendari

KENDARI ! POSTKOTAPONTIANAK.COM—Sekitar 3000 pramuka peserta Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Nasional 2015 di Kendari, Sulawesi Tenggara, melakukan gerakan Satu Hari Tanpa Nasi yang populer disebut “One Day No Rice”. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan nyata gerakan pramuka terhadap pemerintah guna mengurangi konsumsi beras sekaligus upaya mewujudkan program swasembada beras, mengingat saat ini Indonesia masih harus mengimpor beras.

pra-kendari1“Ini bukti kongkrit dukungan kami kepada pemerintah. Sekarang baru sehari diterapkan, karena perkemahan ini hanya 6 hari. Selanjutnya, akan kami himbau kepada seluruh anggota pramuka untuk menerapkan One Day No Rice ini di daerahnya masing-masing,” jelas Editha Rahaded, Wakil Ketua Kwarnas bidang Bina Anggota Muda (Binamuda) yang juga menjadi penanggung jawab utama kegiatan Peran Saka Nasional 2015.

Kegiatan One Day No Rice ini dilakukan pada hari keempat kegiata perkemahan. Seluruh peserta tidak diberi beras, tapi justru diberi umbi-umbian yang diolah untuk makan selama satu hari. “Kegiatan ini bagus sekali, mengenalkan kita alternatif makan pokok selain nasi,” ungkap Anyuswar, seorang peserta Peran Saka dari Yogyakarta.

Menurut Editha Rahaded, ke depan, gerakan One Day No Rice ini bisa dimasukkan sebagai salah satu alterantif kegiatan dalam setiap perkemahan pramuka. “Selain untuk membantu program ketahanan pangan pemerintah, kita juga mengenalkan kepada anak-anak alternatif pangan selain nasi,” ujar Kak Ita, sebuatan akrab Editha Rahaded.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Adhyaka Dault menyatakan dukungannya atas inisiasi yang muncul dari Peran Saka Nasional 2015. “Inilah yang saya harapkan dari kegiatan-kegiatan Pramuka. Melakukan hal-hal kongkrit, solutif, terhadap berbagai macam problem bangsa dan masyarakat. Semoga ini bisa terus berlanjut dan massif. Ingat, anak Pramuka itu jumlahnya banyak lho!” tandas Adhyaksa Dault yang saat ini sedang mengikuti Jambore Singapura ke-50./ ***

Luqman Hakim Arifin

Andalan Nasiona Kwarnas Gerakan Pramuka


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *