Peringati Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW, di Masjid Baitul Ma’mur Sengkong Sungai Nipah

Isra Mi’raj Peristiwa Penting Sejarah Islam

SUNGAI NIPAH-JONGKAT : Bertempat di Masjid ” Baitul Ma’mur ” Sungai Nipah ( Sengkong ) Kecamatan Jongkat Kabupaten Mempawah, Kamis (11/3/2021), umat Islam merayakan Isra Miraj. Terselengganya kegiatan tersebut oleh Remaja Masjid Baitul Ma’mur dan sumbangsih, partisipasi warga masyarakat.

Acara yang diadakan sejak pukul 8.30 wib, hingga selesai dan terlihat sejumlah jama’ah memadati tempat yang tersedia dalam ruangan masjid.

Turut hadir Ust. Agustiani, Agus Surapati Kades Sungai Nipah, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Warga Tempatan serta para Undangan.

Adapun rangkaian acara di mulai dengan Pembacaan Ayat Suci Al,Qur’an. Dalam Sambutan Ketua Remaja Masjid mengucapkan terima kasih pihak-pihak yang telah ikut serta partisipasinya.

Pada kesempatan tersebut, sambutan yang juga di sampaikan akan diadakan musabaqah Tilawatil Al,Qur’an tiangkat kecamatan, dari itu Kades berharap agar utusan tilawah-tilawah dapat ikut serta, ujar Agus Surapati.

Tambahnya, ” saya merasa bangga bahwa desa Sungai Nipah ada Pasentren “Darul Qolam” yang di Pimpin oleh Ust. Agustiani yang sampai saat ini cukup dikenal bahwa selain itu telah melahirkan penghapal Al,Qur’an demikian sambutan singkat Kades Sungai Nipah.

Acara inti tausyiah yang disampaikan Ust. Agustiani. Dalam tausiahnya, selalu bersyukur kepada Allah agar kita dalam lindungsnNYA, agama bukan beban tapi Rahmat Allah. Dari itu kita harus tahu nilai agama dengan menjalankan sholat lima waktu, kita ikuti contoh suri taulan dari Nabi.

Nabi Muhammad SAW langsung menerima perintah dari Allah SWT berupa shalat lima waktu yang wajib bagi umatnya.

Benarkan dulu sholatnya dengan usu’ , agar dapat kita terapkan sesuai perintah Allah. Agar segala amal ibadah kita diterima. Doa adalah senjata bagi orang beriman, maka banyak berdoa agar diterima Allah. Pentingnya sholat maka segala amal perbutan kita menjadi lebih berkah dan diterima Allah SWT, tutur Ust Agustiani.

Hingga saat ini, peringatan Isra Miraj menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Untuk diketahui dikutip dari berbagai sumber, Isra Miraj yaitu perjalanan malam Nabi Muhammad SAW, dari Mekah ke Masjid Aqsa di Yerusalem, dan naik ke Sidaratul Munthaha langit ke tujuh diperlihatkan oleh Allah SWT kenikmatan surga dan siksaan neraka, serta diberi perintah untuk bagi umat Islam untuk sholat lima kali sehari, jelas Ust. Yusran, S.Sos,I.

Selain itu pengertian Isra, adalah perjalan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem.

Dikisahkan perjalanan tersebut Nabi Muhammad SAW dapat mencapai langit ketujuh, itu ditempuh satu malam atas perintah Allah SWT.

Adapun Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju langit ke tujuh, kemudian ke Sidratul Muntaha.

Pada peristiwa tersebut, Nabi Muhammad SAW langsung menerima perintah dari Allah SWT berupa shalat lima waktu./***

Publish Ade Putra S.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.