Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Peran Aktif Gerakan Kesehatan di Masyarakat

 

POSTKOTAPONTIANAK. COM

JUNGKAT (MEMPAWAH) – Perilaku hidup bersih dan sehat dirumah tangga serta lingkungan. Perlu diketahui bahwa rumah tangga sehat adalah yang dapat melakukan 10 PHBS dalam rumah tangga, seperti bersalin ditolong tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dangan air dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik-jentik dirumah, dianjurkan makan buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik serta tidak merokok didalam rumah.

PHBS merupakan semua prilaku kesehatan atas kesadaran sehingga anggota keluarga (keluarga) dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan serta berperan aktif dalam kegiatan sehatan dilingkungan masyarakat.

Penyuluh Perilaku Hidup Sehat di Lingkungan Rumah Tangga. Terselengara acara PHBS ini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah yang mendapat dukungan dan respons positif masyarakat setempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rt.03/Rw.IX, Dusun Alianyang Desa Jungkat Kecamatan Jongkat Kabupaten Mempawah,Senin (16/3/2020).

Dikesempatan tersebut dihadiri unsur Muspika.Danramil Kapten Inf. ARM Bintoro Nugroho, Kapolsek Siantan Iptu Tarmianto SH(yang mewakili), Camat Siantan Drs Muh. Efriza, Dinkes Utin Erni Safitri, Pj desa Jungkat Idrus.

Pelopor Germas Hasan, Tokoh Agama, Ustadz Syafeii, Tokoh Masyarakat dan Pembina Puskesmas, dan juga Kader Posyandu./*ade putra-PKP/sn.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *