Percepat Pembangunan, Tingkatkan Status Jalan

Postkotapontianak.com

Rencana peningkatan status jalan dari jalan kabupaten/provinsi ke jalan nasional terus diupayakan. Kriteria kriteria jalan yang akan “di Nasional kan” seperti jalan lintas provinsi dan dari aktifitasnya.

Jalan lintas provinsi jelas itu Jalan Nasional, Dari Aktifitas kalau dilihat dari lalu lintas paling tidak harus ada survey nya dulu. Kalau secara politis itu belakanganlah.

Demikian dijelaskan Kadis PU Provinsi Kalbar, Ir Jakius Sinyor yang ditemui postkotapontianak.com disela sela acara Forum SKPD PU dan Tata Ruang yang digelar di Mercure Hotel Kamis, 10/3/2017 malam.

Tapi yang jelas Jalan Nasional itu kalau ada pusat pusat strategis nasional. Kalau arah kesana pasti berubah status baik jalan kabupaten/provinsi jadi Jalan Nasional. Di Aruk, Jagoi, Entikong, Jasa dan Badau.

Yang 3 sudah eksis, makanya Presiden mengeluarkan inpres tentang percepatan pembangunan perbatasan diseluruh Indonesia termasuk Papua. Melibatkan Menteri, Gubernur dan Bupati.

Kalau 2 itu belum siap, dalam arti ada regulasi atau pembebasan lahan maka ada gelombang kedua. Tapi pasti akan di Nasionalisasi juga.

Kalau mau merubah status saat ini belum karena dana APBD terbatas. Yang jelas kita mau jalan ini prioritas. Kita tetap pakai APBD, walaupun tidak maksimal dan akan memakan waktu yang lama, tapi tetap akan cari jalan terbaik. Secara bertahap jalan akan ditingkatkan.

Saat ini ada sekitar 20 persen jalan atau sekitar 300-400 km jalan yang akan ditingkatkan. Karena 80 persennya sudah baik.

Sekedar informasi proyeksi biaya peningkatan ntuk 1 km jalan saat ini antara 3-4 Milyar. Untuk pemeliharaan rutin 500 Juta (tergantung spot spotnya). “Untuk pemeliharaan berkala antara 1,5 hingga 2 Milyar,” pungkas Jakius. (wati) // foto : Kadis PU Provinsi Kalbar, Ir Jakius Sinyor./ try //

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *