Perbatasan Indonesia, Minim Fasilitas Kesehatan Puskesdes Hanya Ambulance Tua

POSTKOTA PONTIANAK

SINTANG-Suhandi, A.Md.Kep, PLT. Kepala Puskesmas Perbatasan di sebelah Utara Kota Sintang beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa masih minimnya Sarana penunjang Kegiatan dan sarana puskesmas yang letaknya di Senaning Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang.

puskesmas & mobil tuaPusat Kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara Tetangga Malaysia, masyarakat perbatasan sangat memerlukan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi. Pada saat ini kami membutuhkan mobil Ambulance yang dapat memperlancar kegiatan dan distribusi kebutuhan logistik Kesehatan dan penanganan pasien ke puskesdes dan polindes daerah pedalaman, ujarnya.

Saat ini, ada pun satu unit kendaraan yang dimiliki dalam kondisi sudah sangat tua dan kondisi jalan yang rusak, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk menangani pasien yang jauh dari puskesmas di pusat Kecamatan apa lagi untuk merujuk pasien yang dalam keadaan kritis ke Rumah Sakit Umum Daerah di Pusat Kabupaten.

Ditambah lagi, Puskesmas Ketungau Hulu membutuhkan aliran listrik pada siang hari untuk memanfaatkan perangkat fasilitas kesehatan yang ada meskipun minim, supaya dapat berfungsi secara maksimal.

Selain Listrik, dia juga menuturkan bahwa belum adanya tenaga teknis fasilitas kesehatan yang ada serta dengan hanya memiliki satu orang dokter, beberapa perawat dan bidan yang masih kurang sebagai Puskesmas Induk, termasuk juga puskesdes dan pustu di beberapa Desa di Kecamatan Ketungau Hulu secara kusus perkampungan di pedalaman daerah perbatasan yang masih terabaikan dan tertinggal.

Ia juga memohon kepada pihak terkait agar dapat memperhatikan kesehatan masyarakat perbatasan karena kami juga ingin sehat,”ujarnya.(wartajurnalis)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *