Perayaan Cap Go Meh Tahun Ini Cukup Sederhana

 

Postkota Pontianak

SANGGAU : Perayaan Cap Go Meh tahun 2022, ini
cukup sederhana diperingati warga Tiong Hwa yang bermukim dikota Sanggau, dilokasi vihara Tridharma terletak jalan kartini Sanggau secara serimonial Selasa 15 Februari 2022.

Pememda membatasi,agar tidak terjadi kerumunan orang orang,agar tidak terjadi penularan virus covid-19,

Dalam peringatan cap Go Meh itu juga ditampilkan atraksi.Barongsai yang diperagakan oleh.mereka yang
tergabung dalam kelompok Barongsai tersebut dan.menarik per
hatian masyatakat yang melintasdi jalan tetsebut.

Hadir pada peringatan Cap Go Meh Bupati Sanggau Bupati Sanggau Paolus Hadi dan wakilnya Yohanes Ontot,Forkopimda,serta perwakilan dari peguyuban masing nasing Etnis yang ade disanggau,sementara bupati Sanggau mendapat penghormatan Menyalakan Kembang api, menandakan penutupan hari raya imlek 2022 bagi masyarakat Tionghoa,mengusung tema, “Adat Tradisi Lestari, Negri Jadi Pelangi”.

Bupati Sanggau Paolus Hadi dalam sambutannta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sanggau bersama masyarakat Tionghoa telah mengagendakan Cap Go Meh, ini sudah menjadi agenda rutin pemerintah Kabupaten Sanggau untuk dirayakannya.

“Namun 2 tahun terakhir ini kita hanya fokus melaksanakan ritual saja, tanpa merayakannya, hal itu dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda negri ini,” terangya.

“Sebelum pandemi Covid-19 kita bisa melaksanakan festival-festival pertunjukan, ciri khas kebudayaan Tionghoa, tapi hari ini kita belum bisa melaksanakan seperti dua tahun sebelumnya karena keadaan yang kita alami ungkap Paolus Hadi.

“Saya berpesan kepada masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sanggau untuk tetap semangat, jadilah pelangi sebagaimana tema dalam ritual adat Cap Go Meh di tahun 2022 ini, berikanlah untuk semua orang yang indah yang memancarkan warna-warni bagi masyarakat Sanggau,” pesan Paolus Hadi di dalam acara tersebut./*

Hery.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.