Penetapan SMK Negeri 1 Mempawah Timur Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH, Rabu ( 20 / 10 / 2021 ), Program Vokasi Kemendikbud memberikan banyak inspirasi-inspirasi bagi sekolah dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia, sumber kreatifitas, dan merupakan energi tersendiri dalam memaksimalkan fungsi sekolah sebagai sekolah kejuruan sesuai dengan flatform sekolah tersebut.

Melalui SMK Pusat Keunggulan ini nantinya akan ada link and match dengan industri yang terjalin dengan 8 paket kerjasama.

Seperti, sinkronisasi kurikulum, pembelajaran project learning, magang minimal 1 semester, guru tamu, sertifikat kompetensi sampai komitmen serapan lulusan.

Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja. Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

Dalam memberdayakan potensi-potensi yang ada, maka SMK Negeri 1 Mempawah Timur telah ditunjuk oleh Dirjen Vokasi Kemendikbud berdasarkan Keputusan Dirjen Vokasi Kemendikbud Nomor 22/D/0/2021 sebagai sekolah yang berhak dalam menerapkan SMK Pusat Keunggulan

Sebagai wujud dari terpilihnya SMK Negeri 1 Mempawah Timur sebagai SMK Pusat Keunggulan, maka sekolah mengadakan kegiatan Launching Penetapan SMK Negeri 1 Mempawah Timur sebagai SMK Pusat Keunggulan pada hari Senin, 18 Oktober 2021 bertempat di halaman SMK Negeri 1 Mempawah Timur.

 

Dalam kegiatan tersebut semula Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat akan hadir, namun karena ada kegiatan lain mendampingi gubernur Kalbar, maka sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan melalui zoom meeting pada pukul 09.00 WIB.

“Jadi, total ada 14 ribu SMK di Indonesia tapi tahun ini kami hanya mampu menjadikan 900 dan di kalbar 14 SMK yang ikut berpartisipasi dalam program SMK Pusat Keunggulan, salah satunya adalah SMKN1 Mempawah Timur dan ini adalah menjadi suatu kebanggaan. Kami tidak bisa memilih semuanya karena keterbatasan anggaran dari pusat”

Selanjutnya turut hadir adalah Kepala Dinas Kab.Mempawah, H. El Zuratnam S.Pd,. M.Pd, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Mempawah, Drs. Syawardi, M.Si, Ditjen Vokasi, Supriyono, STP,. M.Pd, Direktur Politeknik Negeri Pontianak, Topan Prihantoro, ST. MT, Kepala Dinas Pertanian, H.Gusti Basruri, ST, Dewan Pendidikan Kabupaten Mempawah, Drs. Ali Bakar, Camat Mempawah Timur, R.Agus Isnanto, SH, Kepala Sekolah SMKN 1 Mempawah Timur, Soni Miftahudin, S.P,. M.Pd, Kapolsek Mempawah Timur yang diwakili Kanit Binmas, Aiptu Sudarto, Danramil Mempawah Timur yang diwakili Babinsa, Serma Supriadi, Bhabinkamtibmas, Bripka Andre Febriyanto.

Kegiatan ini merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

“Forum ini menjadi kesempatan bagi kita untuk belajar bersama dan menjalalin silaturahmi, harapan nya adalah hubungan ini, silaturahmi ini tidak berhenti setelah 6 bulan namun berlanjut dan berkesinambungan untuk mewujudkan lulusan Vokasi yang unggul dan berkompeten.” Kata Kepala Dinas Kab.Mempawah, H. El Zuratnam S.Pd,. M.Pd, yang diwakili oleh Drs. Syawardi.

Sementara itu Kapolsek Mempawah Timur, yang diwakili Kanit Binmas Aiptu Sudarto menyampaikan selamat dan apresiasi kepada pihak sekolah SMKN 1 Mempawah Timur yang telah terpilih menjadi SMK yang unggul dalam program pusat keunggulan, serta tidak lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

“Selamat dan apresiasi saya ucapkan kepada pihak sekolah SMKN 1 Mempawah Timur, yang tentunya hasil karya ini bisa unggul membawa nama Kecamatan Mempawah Timur dan tidak lupa untuk selalu mengikuti prokes dalam pencegahan covid-19 yang saat ini masih ada disekitar kita”, ungkap Aiptu Sudarto.

Disela-sela acara kegiatan, berkesempatan untuk mewawancarai Kepala SMK Negeri 1 Mempawah Timur, Soni Miftahudin, S.P., M.Pd yang mengatakan bahwa pertanian dan perikanan merupakan bidang yang memiliki potensi dan dapat dikembangkan, dari sekolah ini, dan layak menjadi pusat keunggulan untuk bidang pertanian, di tingkat SMK. Ia berharap, ke depan para siswa SMK Negeri 1 ini dapat menjadi lulusan yang terampil di bidang pertanian serta perikanan. Sementara itu, pendamping pembelajaran SMK Pusat Keunggulan.

“Pertanian dan perikanan merupakan bidang yang memiliki potensi dan dapat dikembangkan, dari sekolah ini, dan layak menjadi pusat keunggulan untuk bidang pertanian, di tingkat SMK. ke depan para siswa SMK Negeri 1 ini dapat menjadi lulusan yang terampil di bidang pertanian serta perikanan. Sementara itu, pendamping pembelajaran SMK Pusat Keunggulan,” ungkap kepala sekolah.

Supriyono, yang mewakili Dirjen Vokasi Kemdikbud menyatakan ini adalah langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah menengah kejuruan, agar dapat melahirkan lulusan yang terampil, siap kerja, bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.

“Salah satu program pada pusat keungulan ini adalah SMKN 1 Mempawah Timur akan melaksanakan kemitraan LINK and MATCH secara menyeluruh dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA).

Diantaranya adalah penyusunan dan penyelarasan kurikulum berbasis industri, pelaksanaan pembelajaran berbasis produk dari dunia industri, untuk meningkatkan relevansi kompetensi keahlian guru produktif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia usaha dan di dunia industri yang arahnya untuk terus meningkatkan kompetensi para lulusan di SMKN 1 MpawahTimur yang terampil, siap kerja” pungkas Supriono.

Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya./*

USMADI


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.