Penerapan Kebijakan Social Distancing Dalam Upaya Pencegahan Penuran Virus Corona, “OASE KIM” Bagikan 5000 Sembako dan Voucher Belenja

JAKARTA ! PKP : Dalam situasi bangsa Indonesla bersatu melawan wabah pandemi virus Covid 19, seluruh unsur bangsa bergerak bahu mambahu mengatasi dampak yang dialami sebagai masyarakat.

Pemerintah telah menerapkan kebijakan social distancing dalam upaya mencegah penularan lebih luasnya virus ini. sejak 15 Maret 2020, dilanjutkan dengan kebijakan PSBS (Pelaksanaan Pembalasan Soslal Berskala Besar). Atas kebijakan ini cukup banyak masyarakat yang tidak dapat bekerja memenuhi kebutuhan sehari harinya, seperti peternakan, pedagang kecil, para ojek online (ojol) dan pekerja informal lainnya.

OASE KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju) adalah organisasi kumpulan Istri Anggota Kabinet Indonesia Maju dibawah pembinaan Ibu Negara, Ibu lriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin yang menginiaiasi kegiatan bantuan sosial bersama dengan Dharma Wanita Persatuan, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, TP-PKK dan Adhyaksa Dharmakartini.Organisasi wanita ini turun langsung ke masyarakat untuk meringankan beban yang dialami serta mendukung tenaga medis di rumah sakit , puskesmas yang membutuhkan.

Bertepatan pula dengan peringatan Harl Kartini tahun 2020, dibagikan 5000 sembako dan voucher belanja dan e-money total sebesar Rp 850. Juta untuk warga masyarakat se-Jabodetabek. Penerima sembako ini adalah masyarakat yang kurang mampu yang telah di data sebelumnya. Pembagian ini akan dllakukan dengan memperhatikan ketentuan social distancing, yaitu dengan langsung door to door kepada penerima. Selain Itu akan diserahkan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) berupa. Face shield. gaun coverall, (coverall jumpsuit. hazmat, masker N95, masker medis. sarung tangan vinyl. sarung tangan latex. (Thermo gun dan sepatu boots.

Penyerahan slmbolis dilakukan hari Ini oleh Ketua Umum OASE KIM, Ibu dr. Emi Guntarti Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Ibu Hani Pramono Anung beserta para Ketua Organisasi (Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan. Ibu dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto Ketua Umum Bhayangkari: Ibu Fitri Idham Azis, Ketua Umum ‘TP-PKK: lbu Tri Tito Karnavian dan Ketua Umum Adhyaksa Dharmakartini :Ibu Sruningwati Burhanuddin) kepada perwakilan penerima sembako. lsl sembah berupa. beras 5 kg, minyak goreng. 1 Iter gula pasir 1 Kg mie instan dan kopi. serta voucher belanja dan e money total sebesat Rp 150 000-. APD diserahkan kepada perwakllan dari ns Umum Bhayangkara R. Said Sukanto Kramat jati dan RSAU dr Esnawan Antariksa.

Aksi langsung membantu masyarakat sudah dilakukan OASE Kabinet Indonesia Malu bersama dengan organisasi wanita lainnya sejak dimulainya kebijakan social distancing. Aksi yang dilakukan antara Iain sosialisasi kebijakan social distancing, pembagian masker kan dan nasi kotak untuk masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini setiap hari dllakukan di berbagai wilayah di Jabodetabek. serta berbagai provinsi lain yang terdampak seperti Jawa Barat, Jawa tengah. DIY, Lampung dan wilayah lainnya.

Pemberian bantuan APD (Alat Pelindung Diri) diberikan kepada berbagai rumah sakit rujukan dan non rujukan yang membutuhkan. sepert: RSUD Depok. RSUI. RSUD Tanah Abang. RS Bhayangkara Setukpa. RS Bhayangkara R Said Soekanto Kramat Jati, hingga ke luar daerah RSUD Pekalongan, Mataram. RSUD Bima , RSUD Labuan Bajo. dan masih banyak lagi. Hingga saat ini pun pemberian bantuan masih dilakukan.

Adapun APD (Alat Pelindung Diri) yang diserahkan antara lain, baju hazmat. masker medis, sarung tangan latex. pelindung wajah. penutup kepala, helm dan sepatu boots

Bantuan yang sudah dlsalurkan sampai dengan saat ini lebih dari 10 000 paket sembako, ribuan nasi kotak. ribuan APD yang dibagi ke seluruh Indonesia. Pada bulan Ramadhan nanti juga akan dibagi 20.000 paket makanan kering untuk masyarakat.

Program bantuan ini berasal dari program masing masing institusi yang didukung oleh donasi pribadi anggota organisasi, serta dukungan CSR dari berbagai pihak./*

( Imam )

( Postkotapontianak.com )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *