Pemulangan TKI Pekerja Migran Indonesia Melalui Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak Kalbar

TNI AL LANTAMAL XII PONTIANAK – Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi didampingi Dansatrol Lantamal XII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, selaku Dansatgas pemulangan Pekerja Migran Indonesia, bertempat di Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak Jalan Pakasih No 11, Kelurahan Mariana Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak Kalimantan Barat, meninjau langsung pemulangan PMI/TKI menggunakan KM. Dharma Rucitra 9 tujuan Semarang, Minggu (17//05/2020)

Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe selaku Dansatgas pemulangan Pekerja Migran Indonesia menyampaikan bahwa Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia ke daerah asal, melalui Pelabuhan Dwikora Pontianak, membutuhkan kesiapsiagaan semua pihak karena memiliki kerentanan yang tinggi atas penularan COVID-19 karena berada dalam kerumunan massa dan dalam modal transportasi yang tidak memungkinkan syarat physical distancing, sehingga dalam pelaksanaannya harus mengacu pada protokol penanganan COVID-19, dan tidak melanggar kebijakan perlindungan sosial untuk para pekerja migran Indonesia “Ucap Dansatgas.

Kepala Dinas Sosial Prov. Kalimantan Barat, Yuline Marhaeni S.Sos, M.Si. sebagai unsur yang tergabung dalam Satgas Pemulangan PMI/TKI menyampaikan bahwa selama ini para PMI/TKI ditampung di Rumah Penampungan Dinas Sosial dan di Disnakertrans (Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi).

Adapun Jumlah Penumpang yang On Board di KM. Dharma Rucitra tujuan semarang, yaitu sejumlah 243 orang yang terdiri dari : 112 PMI Mandiri, 57 orang, PMI Dinsos dan Disnaker, 31 orang PT Ubed Jaya Konstruksi dan 31 orang dari CV Cipta Indah Konstruksi, serta 29 orang Sopir dan Kernet Mobil Truk Ekspedisi.

Sebelum naik ke KM. Dharma Rucitra 9 para PMI/TKI dilakukan Pemeriksaan Administrasi dan Cek Kesehatan Protol Covid-19, dan 1 (satu) orang A.n. Ibu Noviana berdasarkan hasil Rapid Test ; Reaktif Covid – 19, sedangkan suaminya Non Reaktif, sehingga keduanya tidak diijinkan untuk ikut dalam pelayaran .

Pemulangan TKI/PMI dihadiri oleh unsur yang tergabung dalam satgas Penanganan Pekerja Migran Indonesia, antara lain, Ditpolairud Polda Kalbar, Dinas Sosial Prov. Kalbar, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Pontianak, Pelindo II Kalbar, Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Pontianak (KKP), KSOP Pontianak, Kepala Stasiun DKP, Kepala Kasarnas Kalimantan Barart, PT.Pelni Cab.Pontianak, serta PT. Dharma Lautan Utama.

(Sumber Lantamal XII)

(Publish : Udin Subari/ Postkotapontianak.com)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *