Pemulangan PMI dari Pelabuhan Dwikora Pontianak Menuju Pelabuhan Tannjung Emas Semarang

POSTKOTAPONTIANAK ! TNI AL Lantamal XII Pontianak – Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi yang diwakili oleh Asisten Operasi Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi,S.E. bertempat di Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak Jalan Pakasih No 11, Kelurahan Mariana Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak Kalimantan Barat, mengawasi jalannya proses pemulangan para Pekerja Migran Indonesia, kembali ke daerah asalnya menggunakan KM Dharma Rucitra 9, Jumat, (05/06/2020)

Sebelum diberangkatkan dengan KM. Dharma Rucitra 9, dari Pelabuhan Dwikora Pontianak tuiuan Pelabuhan Tg. Emas Semarang, para PMI/TKI telah dilakukan “Medical Check Up Bebas Covid” oleh Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Barat, bersinergi dengan Dinas Kesehatan Lantamal XII, yang dilakukan sehari sebelumnya. Hasil pemeriksaan kesehatan Rapid Test tersebut didapatkan 1 orang teridentifikasi Reaktif sehingga diputuskan untuk dilakukan isolasi di Poltekes Kab. Kubu Raya, Kemudian pada saat penerbitan manifest keberangkatan kapal terdapat 11 orang Non PMI/TKI, dimana administrasinya kurang lengkap, sehingga ditunda keberangkatannya untuk menunggu periode pemberangkatan selanjutnya mereka di tampung di Dinsos Provinsi Kalimantan Barat.

Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), ini sudah yang ke-empat kalinya dilakukan oleh unsur yang tergabung dalam satgas Penanganan Pekerja Migran Indonesia,. dimana Komandan Lantamal XII, sebagai Koordinator Satgas Angkutan Laut Pemulangan PMI/TKI di wilayah Kalimantan Barat. Adapun Jumlah Pekerja Migran Indonesia yang diberangkatkan berdasarkan manifest KM. Dharma Rucitra 9, yaitu sejumlah 150 orang terdiri dari 28 orang dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, 101 orang yang merupakan PMI mandiri serta 21 orang Non PMI yang mendapat Rekomendasi dari KSOP Kota Pontianak./**

Sumber Lantamal XII.

Publish Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *