Pemprov DKI Jakarta Resmi Memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar Mulai Hari Jumat

JAKARTA ! PKP : Pemprov DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai hari ini Jumat (10/4/2020).

Kebijakan ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19). Diketahui Ibukota masuk zona merah penularan virus berbahaya itu. Seiring dengan kebijakan tersebut, pembatasan angkutan umum diatur sesuai dengan regulasi yang ada. Untuk ojek online (ojol) sementara waktu tak bisa mengangkut penumpang. Ini jelas mengurangi pendapatan ekonomi mereka.

Adanya program atau bantuan penyediaan makanan gratis untuk para pengendara ojek online (Ojol) jelas sangat membantu. Seperti yang dilaksanakan Polres Metro Jakarta Barat dengan menyediakan makan dan minum gratis di sebuah warteg yang berada di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, yang dilaksanakan pada hari Jumat (10/4/2020).

Namun pemberian makan gratis ojol (Ojek online) ini tetap dengan memperhatikan pshisical distancing. Setiap ojol dapat membawa pulang langsung makanan dari warteg tersebut.

Para pengemudi ojol (ojek online) merasa sangat terbantukan dengan adanya program makan gratis tersebut. Ridwan seorang pengemudi ojol yang melintas di wilayah tersebut mengaku, program makan gratis ini benar-benar sangat membantu dan meringankan dirinya.

“Sekarang sehari omset benar-benar tipis. Biasanya bisa 100 sampai 150 ribu seharian, sekarang 25 ribu aja susah banget. Ada makan dan minum gratis kayak gini dan dibawa pulang benar-benar ngebantu banget. Uang hasil ngojek bisa bawa pulang utuh untuk keluarga di rumah, jadi uang kita nggak kepakai buat makan di jalan,” ucap Ridwan bersyukur (pengemudi ojol), Jumat (10/4/2020) siang.

Hal senada juga dikatakan bernama Mega pekerja harian goclean, Ia mengatakan mendapat makanan dan minuman gratis seperti hari ini Jumat berkah sekali untuk dirinya dan ojol lainnya sangat penting dan bermanfaat besar. “Ada makan gratis kayak gini bersyukur banget. Jadi bisa hemat, karena mana belum dapat orderan juga seharian. Kita berharap, selama ada corona ini, kalau bisa setiap hari ada program pemberian makan gratis seperti ini,” harap Mega.

Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Audie S. Latuheru yang berada di lokasi pemberian makanan gratis, mengatakan, adanya solidaritas dan kepedulian seperti ini sangat baik dan positif untuk meringankan beban pengemudi ojol (ojek online) yang memang mengalami pengurangan pendapatan selama adanya wabah corona dan berlakunya PSBB. Namun menjaga jarak juga tetap harus diperhatikan.

“Program semacam ini (Pemberian makanan gratis) sangat baik untuk masyarakat luas, terutama pengemudi ojol dan juga pengemudi lainnya. Kami senang bisa meringankan teman-teman ojol dan lainnya dengan adanya program makan gratis ini. Makanan dibawa pulang langsung agar tidak ada kerumunan,” tandas Kombes Pol Audie.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie juga berpesan kepada seluruh ojol (ojek online) agar selalu kompak dan mengikuti aturan pemerintah dalam menghadapi situasi corona saat ini.

“Ojol (ojek online) semua, saya minta untuk tetap kompak, masyarakat juga kompak, sama-sama kita mengikuti anjuran pemerintah, sehingga kita bisa bersama-sama memutus mata rantai virus corona dengan cepat,” pinta Kombes Pol Audie.

Diharapkan program makan gratis di inisisasi oleh Polres Metro Jakarta Barat dapat dilaksanakan terus menerus serta wilayah lainnya juga bisa membantu para pengemudi ojol (ojek online). (mam/wan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *