Pemkab Sudah Usulkan Nama Calon Pahlawan Nasional

Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot./ frs
Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot./ frs

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak sudah mengusulkan sejumlah nama pahlawan dari Landak untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional kepada Pemerintah Pusat. Namun sampai saat ini belum ada persetujuan dari Pemerintah Pusat terhadap nama-nama calon pahlawan nasional asal Landak yang sudah diajukan Pemkab Landak itu.

Menurut Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot mengatakan, memang ada beberapa prosedur yang harus dilalui untuk pengajuan nama-nama pahlawan asal Landak untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional. “Prosedur itupun memang tidak gampang. Saat ini kita tinggal menunggu persetujuan dari Presiden. Kita juga tidak bisa mendesak Pemerintah Pusat. Jadi, kita tetap menunggu saja,” ujar bupati usai menabur bunga di makam juang Landak pada peringatan hari pahlawan, Selasa (10/11).

Selain itu sejumlah jalan, bangunan dan fasilitas umum yang ada di Landak inipun masih ada yang belum memiliki nama seperti nama pahlawan asal Landak. “Terhadap hal ini, pada tahun 2016 nanti kita akan mengajukan nama-nama jalan, gedung dan fasum lainnya dengan menggunakan nama pahlawan asal Landak ke DPRD Landak,” janjinya.
Dihari pahlawan inipun, bupati mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk selalu menghargai dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

“Setiap kali kita memperingati hari pahlawan, harusnya semakin kuat tertanam kecintaan kita terhadap tanah air, bangsa dan negara ini,” pinta Adrianus. Ia menambahkan, merdeka dan lahirnya negara Indonesia tentunya atas jasa dan pengorbanan para pahlawan. “Mereka rela mengorbankan jiwa raga, harta benda dan nyawa mereka sekalipun hanya demi Indonesia merdeka. Oleh karena itu kepada generasi muda dan kita yang sudah menikmati kemerdekaan ini seharusnya menghargai para pahlawan itu, bukan malah melecehkan dan melupakannya,” ingat Bupati.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Landak, Ya’ Seman Anom mengungkapkan rasa syukurnya karena setiap tahun hari pahlawan ini tetap diperingati. “Ini menandakan bahwa kita yang masih hidup dan masih bisa menikmati kemerdekaan hingga saat ini tetap mengingat terus jasa para pahlawan dalam menegakan NKRI,” katanya

Ia juga menghimbau kepada para generasi muda untuk selalu mengingat jasa para pahlawan. “Jangan sekali-kali anda yang masih muda ini melupakan jasa para pahlawan,” ingatnya.

Peringatan hari pahlawan tahun 2015 di Landak ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Landak.

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot. Pada kesempatan itu bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Kofifah Indar Parawansa. Setelah upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam pahlawan Landak dan makam pahlawan Sidas./and/firmus-PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *