Pemkab Sintang Sampaikan Peluang Investasi Kepada Investor Nasional

Milton & IstriPOSTKOTAPONTIANAK.COM ! YOGYAKARTA-Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu hadir di Yogyakarta untuk menawarkan peluang investasi yang layak dikembangkan di Kabupaten Sintang dengan ikut serta dalam kegiatan Invesda Expo Tahun 2015 di Jogja Expo Center pada 28-31 Mei 2015.

Pameran ini diselenggarakan bertujuan untuk mendorong peningkatan investasi dan volume perdagangan produk unggulan daerah. Pada pameran ini dihadiri oleh peserta dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, serta dari beberapa perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka dari berbagai wilayah di Indonesia atau 263 intsansi.

Dalam invesda expo yang pengunjungnya dapat masuk tanpa dipungut biaya kali ini, para peserta terdiri dari Pameran Objek Wisata Nusantara, Pameran Peluang Investasi & Produk Unggulan, Pameran Gelar UMKM, Koperasi dan PKBL, Pameran SMK Expo, Pameran Pangan Nusantara, dan juga Pameran Gelar Potensi Agrowisata.

Pada pameran objek wisata nusantara memperkenalkan objek wisata unggulan di seluruh Indonesia yang meliputi paket wisata unggulan daerah, paket wisata minat khusus, peluang investasi di bidang pariwisata, dan juga barang souvenir. Investasi di setiap daerah dinilai penting dan sangat strategis dalam upaya peningkatan potensi dan perekonomian daerah tersebut. Apalagi kita telah memasuki 15 tahun pelaksanaan otonomi daerah.

“Investasi daerah dipahami sebagai salah satu kekuatan penting untuk mengakselerasi pembangunan daerah terlebih lagi, setelah implementasi desentralisasi otonomi daerah saat ini, dimana akselerasi pembangunan hanya dimungkinkan, jika terdapat arus investasi yang signifikan,” kata Bupati Sintang saat hadir di Jogja Expo Center guna memberikan dukungan moral kepada tim Kabupaten Sintang pada Kamis 28 Mei 2015.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang Hendrika menjelaskan bahwa pihaknya mencoba menggunakan kesempatan Invesda Expo ini untuk menawarkan potensi daerahnya untuk menarik para investor. Untuk itu, ia berharap pagelaran itu dapat dimanfaatan sebaik-baiknya oleh para peserta.

“kita menawarkan investasi industri hilir. Selain itu kita juga menawarkan berbagai produk, wisata dan investasi unggulan daerah” jelas Hendrika. Berbagai buku dan video yang berisikan promosi dan peluang investasi di Kabupaten Sintang.

Secara normatif, investasi daerah sebagai kekuatan untuk mengakselerasi pembangunan daerah, pentingnya investasi, telah mendorong pemerintah daerah untuk melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah melalui promosi investasi dan perdagangan.

Invesda Expo 2015, memiliki nilai strategis dalam menghadapi ketatnya persaingan di era globalisasi, khususnya dalam menyongsong terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Kabupaten/Kota sebagai daerah otonom untuk terus mengembangkan potensi unggulannya, guna menarik minat partner bisnis dan investor.

Invesda Expo 2015 dilaksanakan untuk mempromosikan potensi dan peluang investasi serta produk dan komoditas unggulan yang dimiliki pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta perusahaan swasta dan BUMN/BUMD di seluruh Indonesia agar lebih dikenal luas oleh kalangan investor dan para pembeli potensial.

Untuk menciptakan wahana interaksi bisnis langsung bagi pemerintah daerah dengan para pengusaha, pembeli, penyedia teknologi dan investor guna menjalin kerjasama yang saling menguntungkan di bidang investasi, perdagangan, industri, teknologi, sumberdaya manusia dan lain sebagainya.

Untuk mendorong dan merangsang masuknya investasi ke daerah sekaligus mengembangkan dan meningkatkan volume perdagangan produk-produk unggulan Indonesia. Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas aparat daerah dalam mempromosikan daerahnya dalam rangka menata dan menyajikan data dan informasi untuk kepentingan penanaman modal.

 Invesda Expo 2015 merupakan sebuah event strategis dalam upaya mendongkrak investasi yang saat ini sedang giat digalakkan. Pameran ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan untuk membangun kerjasama ekonomi antar daerah dengan para calon investor guna memperluas akses pemasaran dan menciptakan peluang bisnis dan investasi baru./wj


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *