Pemkab Akan Lakukan Rapid Test, Wilayah Potensi Penularan

Poskotapontianak.com

Mempawah – Pemerintah Kabupaten Mempawah berencana menambah persediaan alat rapid test. Alat tersebut akan digunakan untuk mendeteksi penyebaran virus Covid-19 di masyarakat.

Rapid test di masyarakat akan dilakukan secara acak sesuai lokasi yang dinilai berpotensi adanya penularan.

“Kemarin, kami mendapatkan bantuan 200 unit alat rapid test dari KADIN Kalbar. Dan dalam waktu dekat, kita akan menambah persediaan alat rapid test. Kita sedang memproses pembeliannya,” ungkap Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, Selasa (12/5) di Kantor Bupati Mempawah.

Erlina menjelaskan, alat rapid test akan digunakan seefektif mungkin untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di masyarakat. Karena itu, tim gugus tugas akan melakukan pelacakan dengan melakukan tes kepada masyarakat di sejumlah lokasi atau titik strategis.

“Namun, tidak mungkin semua masyarakat bisa kita rapid test. Melainkan, kita lakukan random sampling atau secara acak untuk mendapatkan sampel terhadap potensi penyebaran di suatu lingkungan atau wilayah,” tuturnya.

Selain masyarakat, tambah Erlina, rapid test akan digunakan pemeriksaan tenaga medis baik di rumah sakit maupun puskesmas. Erlina ingin memastikan seluruh petugas medis dalam kondisi steril dari penularan Covid-19.

“Saat ini ada beberapa petugas medis di Kabupaten Mempawah yang hasil rapid test-nya reaktif. Maka kita harus tingkatkan kontrol dan pengawasan agar bisa dilakukan penanganan dengan cepat dan tepat,” tegasnya.(De’res)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *