Pemekaran Provinsi Kapuas Raya Tinggal Menunggu Kebijakan Pemerintah Pusat

PONTIANAK –  Anggota DPR RI Partai Amanat Nasional yang juga pernah duduk di Komisi II Sukiman saat di temui di sela-sela kegiatan Pelantikan Pengurus DPC dan DPRt PAN Kota Pontianak (1/04/2018) di hotel Merpati, menegaskan pemekaran wilayah Kapuas Raya yang ada di Provinsi Kalimantan Barat saat ini menunggu dari pemerintah pusat.

Menurut dia, pembahasan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Kapuas Raya tinggal menunggu disahkanya peraturan pemerintah (PP), secara persyaratan pemekaran Kapuas Raya sudah terpenuhi mulai dari administrasi, grorafis, dan kewilayaan.

Namun saat ini kendala yang di hadapi adalah kebijakan pemerintah pusat yang mana harus adanya membentuk daerah persiapan minimal tiga tahun baru bisa di keluarkan PP.

Slanjutnya mrmbentuk pejabat yang bisa melakukan konsolidasi dalam rangka persiapan untuk di usulkan bersama DPR RI agar bisa di Undang Undangkan.

Lanjut Sukiman, yang juga sebagai salah satu pengurus Harian DPP PAN dirinya berharap di tengah kondisi ekonomi yang bisa dikatakan kurang sehat baik dalam APBN dan APBD bisa di katakan salah satu yang membuat pemekaran ini di pertimbangkan. Namun dirinya berkeyakinan positif pemekaran Kapuas Raya bisa terwujud sebab tujuan mulianya adalah kebutuhan.

Dimana luas wilayah Kalbar sangat di butuhkan pemekaran, memperpendek rentang kendali pelayanan terhadap masyarakat dan sekaligus dapat menjaga kedaulatan bangsa karena dekat dengan daerah perbatasan.

Menjadi harapan besar terhadap pemerintahan sekarang melalui bapak Presiden RI Joko Widodo dam Menteri dalam Negeri agar bisa mengeluarkan Peraturan Pemerintah ( PP ) untuk pengesahan Provinsi Kapuas Raya.(pkp/taher).

Publish : Udin Subari / Postkotapontianak.com


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *